Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

7 Posisi Wajib Riding Dengan Postur Ideal, Simak Bro!

Otomotifnet - Senin, 16 Februari 2015 | 13:36 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Perilaku berkendara tak hanya soal menaati rambu lalu-lintas saja, namun kembali pada individu terkait dengan attitude. Hal yang paling mendasar adalah soal riding postur, banyak sobat bikers yang salah kaprah terkait posisi berkendara. Hal ini tentu patut dirubah, sebab aktifitas naik motor tak hanya menggelindingkan roda saja, tetapi perlu memahami soal posisi berkendara yang aman.

Seperti diketahui istilah segitiga kenyamanan, yang terdiri dari tangan, bahu dan kaki. Merupakan riding postur yang mutlak demi terciptanya aspek kenyamanan yang ujungnya adalah keselamatan.

“Namun nyatanya tidak hanya soal segitiga kenyamanan saja, namun ada 7 riding postur ideal yang harus dipahami dan dilakoni,” ucap Johanes Lucky, Safety Riding Training Development PT Astra Honda Motor.


Tujuan dari 7 riding postur ini untuk meminimalisir risiko cidera atau fatalitas ketika terjadi kecelakaan, selain itu berperan penting dalam menentukan tindakan terbaik yang berupa manuver ataupun langkah antisipasi.

“Dalam berkendara kita harus tetap waspada, oleh karenanya kita harus siap dalam menentukan langkah antisipasi,” lanjut Lucky. 




Kepala/Mata
Penglihatan mata menjadi hal utama dalam mengenali obyek di depan hingga lingkungan sekitar. Selalu upayakan melihat ke arah yang dituju serta potensi rintangan.

Bahu
Ketika riding, upayakan posisi bahu tetap rileks jangan kaku. Hal ini untuk memudahkan ketika bermanuver serta menhindari risiko fatigue.

Jemari tangan
Jemari tangan dikepal seutuhnya untuk memudahkan handling secara utuh terhadap motor. Kalau ingin melakukan pengereman maka tutup tuas gas terlebih dahulu, kemudian lakukan pengereman.

Siku

Selain harus rileks, posisi siku yang ideal adalah ditekuk sedikit ke dalam. Fungsinya adalah meredam gunjangan. Kecuali mengendarai motor trail maka posisi siku sedikit menjorok keluar yang fungsinya untuk memudahkan manuver.

Lutut
Untuk motor sport, posisi lulut menjepit tangki. Lalu untuk motor bebek dan skutik, posisi lutut lurus ke depan. Fungsinya membantu keseimbangan serta memberikan ancang-ancang jika diperlukan manuver.

Telapak kaki

Posisi telapak kaki harus lurus kedapan. Pada motor sport, kalau miring akan sulit memindahkan transmisi. Sedangkan pada motor bebek dan skutik mempengaruhi keseimbangan.

Pinggul

Peran pinggul adalah menyesuaikan keseimbangan. Perhatikan juga posisi duduk, jangan terlalu kedepan ataupun kebelakang. Ambil posisi yang nyaman saja. • (otomotifnet.com)

Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa