Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Nih Rahasia Sukses Juara Kompetisi Safety Riding Jepang Kelas 400cc

Dimas Pradopo - Senin, 29 September 2014 | 15:58 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Nguyen sedang beraksi di Slalom Course

Suzuka - Vietnam boleh dibilang bikin kejutan di ajang "The 15th Safety Japan Instructors Competition 2014 yang berlangsung di Suzuka Circuit Traffic Center, 25-26 September lalu. Tampil pertama di Grup C 400cc dengan Honda CB400SF, Nguyen Anh Tuan langsung menapak ke podium pertama. Pria ramah ini juga sukses menyingkirkan wakil Indonesia di kelas yang sama. Nguyen membocorkan rahasia kesuksesannya kepada OTOMOTIFNET.COM.

Negeri kecil yang serumpun ASEAN ini datang dengan mengutus 3 peserta dan Nguyen salah satunya. Pemuda 25 tahun yang keseharian sebagai Staff Safety Driving Dept. Honda Vietnam Co.Ltd ini mengaku banyak manfaat yang dipetik dari kompetisi.

Meski diakui, kategori yang diikuti justru kurang populer di negerinya. "Di Vietnam, sepeda motor di atas 200 cc, apalagi yang 400 cc ke atas tidak ada. Justru di bawah 150 cc yang ramai," cerita Nguyen.

Sedikitnya peminat motor ber-CC sedang dan besar dikarenakan mahalnya pajak tahunan. "Untuk yang 200 cc bisa lebih mahal sampai 50 persen dari yang kecil," tukasnya.

Dalam kesehariannya, Nguyen lebih sering menunggang skutik yang dominan di negerinya. Malah, naik motor besar baru dilakoni di Jepang. Lantas, kenapa dirinya bisa sukses di motor besar?


Nguyen Anh Tuan (kedua dari kiri) mengalahkan lawan dari Singapura dan Thailand

Untuk mengikuti kompetisi di Negeri Matahari Terbit, Nguyen mengaku datang lebih awal. Sama seperti peserta Indonesia yang 5 hari jelang lomba sudah belajar. Namun Nguyen hampir sebulan lebih awal.

"Saya dan teman belajar teknik berkendara, khusus pada Senin, Selasa dan Rabu selama 50 menit," sebutnya. Di situ, lanjutnya, ia diajari mengenali karakter motor, teknik berkendara, dan bagaimana merawat kendaraan.

Di luar braking, cerita Nguyen, dalam latihan ketrampilan itu sudah termasuk slalom course dan keseimbangan (narrow plank).

Wajar, kalau Nguyen menuai sukses di Grup C 400 cc. Indonesia boleh mencontohnya. (motor.otomotifnet.com)

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa