Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Eits, Nggak Mudah Lho Mendapatkan Cairan Setan

Dimas Pradopo - Jumat, 29 Agustus 2014 | 12:26 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption
Jakarta - Maraknya pemberitaan mengenai Cairan Setan yang dapat melumerkan logam, termasuk kunci motor untuk alat bantu curanmor membuat OTOMOTIFNET.COM kembali membuka file lama dimana kasus ini sempat dibahas di Tabloid OTOMOTIF tahun 2012 silam. Dan kami juga sempat mencoba mencari cairan tersebut.

Hasilnya untuk mendapatkan cairan kimia yang digunakan maling untuk menjebol kunci setang motor, memang tidak mudah. Penelusuran tim OTOMOTIF dimulai ke daerah Serpong, Tangerang. Di sana terdapat sedikitnya 2 kios penjaja bahan kimia.

Namun ketika ditanyakan apakah menjual larutan setan yang dapat dipakai sebagai penghancur logam, jawabannya tidak ada. “Kami tidak pernah menjual bahan kimia seperti yang bapak maksud,” kata Papi, salah seorang pemilik kios bahan kimia di wilayah tadi.

Penelusuran pun dilanjutkan ke daerah Panglima Polim, Jaksel. Kami berusaha untuk menyebutkan nama zat kimia yang dimaksud, namun penjaga toko bahan kimia yang posisi kiosnya berdekatan dengan kantor Polres Jaksel menjawab tidak bisa memberikannya. “Kami hanya menjual partai besar, tidak melayani pembelian eceran,” tandas Nurhamzah, salah seorang karyawan di toko tersebut.

Merasa penasaran, kami pun minta ditemani rekan dari Polres Jaktim, untuk mengungkap ketersediaan cairan setan di pasaran. Akhirnya usaha tim pun berhasil, lantaran penjual bahan kimia yang kami sambangi di wilayah hukum polres Jaktim cukup segan dengan kehadiran personil aparat di kiosnya.


Menurut Ricky, bukan nama sebenarnya, kios bahan kimia miliknya memang menjual cairan kimia yang dimaksud. Seperti keluarga kimia dari cairan setan yang berupa asam. “Biasanya yang pakai cairan ini pedagang toko emas, untuk membuat campuran bahan kimia buat menguji kadar karat emas,” jelas pria paruh baya ini. Tapi itu hanya satu bagian dari cairan setan.

Kami pun mencoba salah satu cairan kimia yang tersedia di kios tersebut, untuk merusak rumah kunci bagasi Yamaha Mio. Diteteskan ke dalam celah rumah kunci pakai pipa khusus, efeknya langsung bekerja dalam hitungan detik.

Ditandai dengan buih busa yang keluar dari dalam lubang kunci tadi. Efek lainnya, setelah didiamkan beberapa saat dan dicuci pakai air bersih, anak kunci terasa sulit dimasukkan ke lubang kunci. “Pertanda bagian dalamnya sudah rusak dan bisa dijebol.”

Kesimpulan yang kami dapat dari pantauan langsung di lapangan, mengindikasikan bahwa cairan setan yang dapat melebur logam memang ada yang menjualnya. Namun penjual juga tidak asal memberikan kepada pihak yang tak dikenal baik, lantaran mereka juga khawatir kalau-kalau disalahgunakan oleh pemakai yang tak bertanggungjawab. (motor.otomotifnet.com)


Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa