Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Cairan Setan Modus Lama Curanmor, Ini Asal Muasal Julukannya

Dimas Pradopo - Kamis, 28 Agustus 2014 | 19:06 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Jakarta - Belakangan ini marak pemberitaan mengenai modus curanmor memakai ‘cairan setan’ yang terbilang meresahkan karena dapat melumerkan logam sekalipun. Toh demikian, modus ini tidaklah baru, Tabloid OTOMOTIF pernah mengulas detail bahaya cairan ini di dua edisi (45/XXI dan 46/XXI) tahun 2012 lalu.

Bahkan jika boleh jujur, beberapa media turut mengambil foto dari OTOMOTIF yang disadur oleh pihak Polres Bantul. Oiya, kata ‘Cairan Setan’ juga diciptakan oleh OTOMOTIF lho, untuk merujuk pada cairan asam tersebut.

“Kami sengaja menyamarkan identitas nama resmi dan kandungan yang terdapat dalam cairan tersebut dengan memakai nama Cairan Setan. Tujuannya untuk menghindari kemungkinan pelaku kejahatan untuk membeli unsur yang ada di cairan tersebut,” buka Billy Sudiro, Editor in Chief Tabloid OTOMOTIF.


Menurutnya, sebagai media, Tabloid OTOMOTIF berprinsip tidak hanya sebagai penyebar informasi, tapi juga ada tanggung jawab moral kepada masyarakat. “Kami tak ingin ada korban curanmor akibat pemberitaan Cairan Setan. Sehingga kami putuskan untuk mengganti nama dan kandungan asam tersebut menjadi Cairan Setan,” jelasnya.

Dikutip dari Tabloid OTOMOTIF No. 45XXI tahun 2012, Kasubdit Ranmor Polda Metro Jaya, AKBP Subandi S.Ik.MH saat itu, mengaku baru tahu modus terbaru pelaku pencurian kendaraan bermotor dengan menggunakan cairan setan itu.

“Terus terang, kami baru tahu dari OTOMOTIF nih. Jadi kami juga tidak boleh ketinggalan. Yang jelas, cairan kimia ini tidak bisa dijual sembarangan. Harus ada izinnya,” ujar Subandi.

Lalu seperti apa ulasan lainnya? Pantengin terus OTOMOTIFNET.COM bro. (motor.otomotifnet.com)


Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa