Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Offroad Pakai Yamaha X-Ride, Jangan Asal Nge-Gas

Dimas Pradopo - Minggu, 20 April 2014 | 09:45 WIB
No caption
No credit
No caption



Sentul - Kegiatan coaching clinic Extreme Ride Adventure Challenge (X-Race) 2 di Sentul pada Sabtu (19/4) diisi sharing dan bagi-bagi ilmu nge-trek oleh dedengkot dunia trail Tanah Air, Pieter Tanujaya.

Dan pria yang karib disapa Om Pieter ini bagi-bagi rahasia cara menaklukan trek offroad dengan motor bermesin matik. "Karakternya berbeda dari special engine. Tapi masih mumpuni kok buat light offroad. Yang penting jangan asal nge-gas," ungkapnya.

Menurutnya, karakter asal nge-gas biasanya ditunjukan oleh pemula yang kelewat semangat buat menaklukan jalur. Lalu tiba-tiba justru terjatuh di spot yang dianggapnya mudah dilalui.
 
"Padahal, kenali dulu karakter motor dan treknya. Misalnya, saat menaklukan trek berlumpur, lebih baik pilih jalur yang diyakini tak terlalu dalam. Karena wheelbase dan ground clearance matik beda dengan motor special engine. Jadi motor nggak stuck di lokasi berlumpur dalam," urainya.

Lalu, saat trek turunan, dirinya menyatakan jika teknik pengereman lebih baik diurut. "Matik itu kan nggak ada gigi, jadi engine brake sangat minim. Kalau rem nggak diurut nantinya bisa mengunci ban dan terjadi selip," pungkas Pieter.

Dan jangan lupa catat tanggal dan lokasinya, yakni tanggal 10-11 Mei nanti di Cikole, Lembang, Kabupaten Bandung. Kegiatan adventure off road dengan skutik Yamaha X-Ride ini sudah bisa didaftar secara online di www.xraceindonesia.com.

So, jangan asal nge-gas bro. (motor.otomotifnet.com)


Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa