Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Panduan Memilih Sarung Tangan, Sesuaikan Karakter

Dimas Pradopo - Rabu, 26 Maret 2014 | 12:21 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Jakarta - Perlengkapan safety riding merupakan hal wajib dalam berkendara dengan sepeda motor, salah satunya adalah sarung tangan. Jenis dan ragam sarung tangan yang beredar di pasaran tergolong cukup banyak, ada yang buat harian, turing, sampai untuk balapan.

Untuk kebutuhan harian dan turing, bisa pilih yang simpel tapi tetap memperhatikan sisi safety-nya. Bicara harga, ada yang mulai dari puluhan ribu sampai jutaan Rupiah. Yang membedakan ada di jenis bahan dan protektor yang digunakan.
No caption
No credit
No caption

Sarung tangan harian juga perlu dilengkapi protektor, agar keamanannya terjamin. Ragam sarung tangan berbahan katun dengan warna menarik untuk kaum hawa
"Untuk sarung tangan harian dan turing, rentan harganya mulai dari Rp 375-650 ribu untuk bahan mesh, sedangkan kulit sekitar Rp 1,7 - 2,9 juta," ujar Nopy Sero, supervisor Motoritz yang berlokasi di Jl. Mahakam, Jaksel.

Sedangkan untuk kebutuhan balapan di sirkuit, harganya terbilang cukup mahal. "Buat sarung tangan racing, harga berkisar Rp 2,9 - 3,250 juta. Itu dikarenakan bahan yang digunakan merupakan material khusus yang kuat menahan kecelakaan pada kecepatan tinggi," tambahnya.
No caption
No credit
No caption

Untuk penggunaan racing harganya cukup mahal, karena materialnya khusus
Berbeda halnya pada dunia off-road alias motorcross. Sarung tangan yang digunakan lebih simpel dan harganya cukup terjangkau. "Sarung tangan untuk off-road biasanya terbuat dari bahan kain atau mesh, harganya lebih terjangkau karena protector yang digunakan tidak semahal sarung tangan balap," jelas Hadi TW dari MSD, salah satu toko yang banyak menyediakan perlengkapan off-road sepeda motor di bilangan Radio Dalam, Jaksel. Harganya berkisar Rp 210-380 ribuan.
No caption
No credit
No caption

Sarung tangan off-road harganya lebih terjangkau, kombinasi warnanya juga menarik
Biar enak dipakai, biasanya sarung tangan branded tersedia pilihan ukurannya, mulai dari S sampai XL. Pada saat membeli jangan lupa untuk mencobanya terlebih dahulu, pastikan tidak kekecilan dan tidak longgar saat dipakai.
 
Jika isi kantong kurang mendukung, bisa juga pilih sarung tangan produk lokal yang harganya lebih terjangkau. "Sarung tangan lokal harganya mulai dari puluhan ribu sampai paling mahal Rp 150-an ribu. Modelnya tersedia halfcut dan full," ujar Arfan dari Rossi Motor yang berlokasi di Jl. HOS Cokroaminoto, Ciledug, Tangerang. Bahannya juga berbagai macam, mulai dari kain katun, mesh sampai kulit.

Material protektor sarung tangan balap bisa dari almunium, titanium dan karbon kevlar
Sarung tangan yang beredar di pasaran biasanya memiliki desain dan warna yang sporti dan macho. Nah, untuk pengendara wanita, ada juga pilihan yang modelnya feminim. "Sarung tangan buat cewek kebanyakan terbuat dari bahan kain katun dengan warna-warna yang cerah," tambahnya. Harganya sekitar Rp 5 ribuan saja.  (motor.otomotifnet.com)


 

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa