Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Alasan Pemilihan Anyer Sebagai Lokasi Honda Bikers Day 2013

Dimas Pradopo - Selasa, 17 Desember 2013 | 06:27 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

 Kesenian Rampak Bedug Khas Banten

Anyer – Setelah sebelumnya digelar di Pangandaran yang disusul kemudian di Kiara Payung, Jatinangor, Sumedang, dan selanjutnya di Bromo, Pasuruan serta komplek Candi Prambanan, Yogyakarta, tahun ini Honda Bikers Day (HBD) digelar di Pantai Tanjung Tum, Anyer, Banten. Apa alasannya?

“HBD merupakan acara rutin tahunan. Dan setiap penyelenggaraannya kami tak hanya ingin memasukan unsur persaudaraan diantara bikers, namun juga untuk mengenalkan budaya-budaya setempat. Untuk itu, tahun ini tema yang diusung ‘Satu Hati – Cinta Indonesia’ dan di sini kami coba menghadirkan kesenian lokal,” tutur General Manager Honda Customer Care Center (HC3) Division AHM Istiyani Susriyati  pada Sabtu (14/12).

Kesenian khas daerah Banten yang dihadirkan cukup beragam. Diantaranya atraksi debus, Rampak Bedug dan tarian di tengah lingkaran api (fire dance). Atraksi-atraksi ini diperkenalkan kepada bikers Honda sebagai bagian dari upaya penguatan rasa cinta bikers terhadap keanekaragaman seni dan budaya di Tanah Air.

Kesenian daerah ini berpadu dengan beragam hiburan lain yang bernuansa modern, seperti penampilan musisi lokal dan nasional yang menghibur dengan beragam lagu Top40, Reggae dan daerah.

No caption
No credit
No caption

 Produk-produk kerajinan tangan suku Baduy

Dalam rangka menghargai masyrakat adat setempat, para bikers juga memperkenalkan adat dan kehidupan suku Baduy serta membantu menjual souvenir dari hasil kerajinan masyarakat Baduy selama HBD berlangsung. Hasilnya akan diserahkan penuh kepada komunitas masyarakat Baduy.

“Kami berharap persaudaraan terjalin bukan hanya antar sesama bikers Honda, namun juga terwujud antara bikers dan masyarakat pada umumnya. Sehingga persaudaraan dan persatuan bangsa Indonesia dapat semakin kuat,” pungkas Istiyani.


Tak ketinggalan, dari sisi edukasi lingkungan, peserta HBD pun turut melestarikan lingkungan dengan melakukan penanaman 2.000 pohon Mangrove di wilayah cagar alam pulau Dua (pulau Burung) - Kasemen . Tak hanya aksi penghijauan, para peserta pun melakukan bakti sosial di masjid Banten Lama dengan bersama-sama membersihkan beberapa lokasi dari salah satu ikon provinsi Banten ini. (motor.otomotifnet.com) 


Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa