Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Sepanjang 2013, 616 Orang Meninggal Karena Kecelakaan di Jalanan Jakarta!

billy - Senin, 2 Desember 2013 | 13:50 WIB
No caption
No credit
No caption


Jakarta -  Angka kecelakaan di jalanan Indonesia tergolong tinggi. Menurut, data Kepolisian Republik Indonesia mencatat, di tahun 2012 total kecelakaan lalu lintas mencapai 109.038 kasus dengan korban meninggal dunia sebanyak 25.131 orang. Artinya dalam sehari terdapat 81 orang meninggal atau 3 orang per jam.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Dr.Chryshnanda mengatakan, jumlah kecelakaan di DKI Jakarta selama tahun 2013 mencapai sebanyak 5.959 kejadian dengan korban meninggal sebanyak 616 orang dan mayoritas adalah pengguna sepeda motor. Dari jumlah tersebut penyebab terbesar kecelakaan adalah pengemudi lengah.

Selain disebabkan oleh tingginya pertumbuhan kendaraan bermotor, faktor kesalahan manusia (human error) turut berperan besar terhadap terjadinya kecelakaan di Indonesia. Rendahnya kesadaran berlalu lintas dan pemahaman yang terbatas mengenai keamanan berkendara (road safety) merupakan beberapa masalah mendasar yang harus segera diatasi.

Ia menambahkan, upaya untuk menekan tingginya angka kecelakaan di jalan raya merupakan tugas dan tanggung jawab seluruh warga negara, termasuk para pelaku usaha. Oleh karena itu Polda Metro akan selalu mendukung kampanye keselamatan berkendara seperti Road Safety yang dilaksanakan bersama dengan PT Michelin Indonesia akhir pekan lalu (1/12).

"Sebagai ibukota negara dan pusat bisnis, risiko lalu lintas di Jakarta semakin tinggi. Karena itu Polda Metro secara konsisten menggelar berbagai operasi zebra untuk meningkatkan ketertiban dan kesadaran berlalu lintas. Mulai 28 November sampai 11 Desember Polda Metro menggelar operasi Zebra 2013," ujarnya Kombes Pol Dr.Chryshnanda dalam press realese yang diterima redaksi. (motor.otomotifnet.com) 


Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa