Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Federal Oil Ingatkan Untuk Tidak Salah Pilih Pelumas

billy - Kamis, 28 November 2013 | 17:20 WIB
No caption
No credit
No caption


Denpasar - PT Federal Karyatama sebagai produsen Federal Oil tak hanya memfokuskan diri pada penjualan produk saja. Di ajang One Day Workshop The Other Side of Modern Matic yang berlangsung di Universitas Udayana, Bali (28/11), Federal Oil memberikan pengetahuan seputar pelumas dari yang paling dasar.

Salah satunya mengungkapkan pengetahuan dasar seputar pelumas. "Ada tiga fungsi pelumas yaitu mengurangi gesekan, mendinginkan dan memindahkan panas keluar dari mesin dan mengandalikan kontaminan atau kotoran," ungkap Mardiani Indriastuti, Product Deputy Department Head PT Federal Karyatama.  

Lebih lanjut Dani mengungkap kalau teknologi mesin skutik saat ini semakin modern. Menurutnya, mesin skutik saat ini memiliki kerenggangan antar komponen yang rapat. Karena itu beban gesekan akan semakin tinggi dan membuat suhu mesin lebih cepat panas.

Federal Oil memiliki produk yang mampu mengatasi keadaan ini yaitu dengan pelumas yang memiliki spesifikasi khusus misalnya 10 W-30 atau 20W-50. "Dengan spesifikasi ini pelumas akan lebih cepat melumasi bagian-bagian di dalam mesin dan minim penguapan. Efeknya adalah irit BBM," terang Dani.

Tak hanya itu, di gelaran One Day Workshop The Other Side of Modern Matic kali ini Dani juga mewanti peserta agar tidak salah memilih pelumas. "Anda harus bisa membedakan pelumas untuk motor matic atau motor non-matic.

"Membedakannya bisa dilihat dari standarisasi JASO yang ada di kemasan pelumas. Contohnya adalah JASO MB untuk motor kopling kering (motor matic) yang hanya melumasi mesin saja. Sedangkan JASO MA peruntukannya untuk motor kopling basah (motor non-matic)," papar wanita berkacamata itu.

Harapan dari pemaparan Federal Oil selaku produsen pelumas tentu agar masyarakat atau konsumen pengguna sepeda motor bisa lebih memahami lebih dalam mengenai pelumas seperti apa yang tepat bagi kendaraannya. (motor.otomotifnet.com) 


Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa