Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Service Mobil IU di Bengkel Resmi Toyota? Biayanya Pasti Lebih Mahal

Sabtu, 20 Juni 2015 | 12:16 WIB
No caption
No credit
No caption


Jakarta - Toyota Astra Motor mempersilakan para pemilik mobil Toyota dan Lexus yang membeli melalui Importir Umum (IU) untuk melakukan service di bengkel resmi Toyota. Cuma ada tapinya nih..

"Kami menerima mobil Toyota dan Lexus apapun. Tapi kalau mobil yang bukan jualan kami (PT TAM) ada perbedaannya," ucap General Repair Service Manager Workshop Department Technical Service Division PT TAM, Iwan Abdurrahman, seperti dilansir situs Toyota Indonesia.

Menurut Iwan, perbedaannya terletak pada harga yang akan diberikan. Harga untuk servis mobil Toyota dan Lexus yang dibeli dari Importir Umum akan lebih mahal dari pada mobil yang dibeli di diler resmi Toyota dan Lexus. 

"Beda harga. Perbedaannya variasi ada yang 50 sampai 75 persen. Karena nunggu sparepart lama. Kita harus kontak TMC (Toyota Motor Corporation sebagai principal Toyota global) untuk meminta sparepart. Servis ini juga butuh effort besar dari kita," jelas Iwan. 

Bengkel resmi TAM ini juga menyediakan lift untuk mengangkat mobil yang bisa mencapai 6 ton ini. Padahal, seluruh mobil yang dijual TAM tak ada yang memiliki berat mencapai 6 ton. 

"Ada lift khusus yang bisa ngangkat mobil 6 ton. Mobil yang dijual TAM enggak ada yang 6 ton. Misalnya Land Cruiser punya Dubes Inggris yang anti peluru ini, dia cuma bisa servis di sini, karena enggak ada bengkel yang bisa ngangkat 6 ton," ujar Iwan. 

Jadi jika misalnya Toyota Alphard dan Vellfire yang dibeli dari IU pun akan dikenai biaya yang lebih mahal karena masing-masing Alphard kodenya beda. Serta harus dicocokkan terlebih dahulu frame number ke TMC untuk meminta sparepart. (mobil.otomotifnet.com)

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa