Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Komparasi BBM Toyota Avanza Pakai Pertalite dan Premium

Rabu, 10 Juni 2015 | 17:04 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Belum resmi diluncurkan, calon varian BBM baru dari Pertamina, yakni pertalite bikin penasaran berapa konsumsi BBM Pertalite ketika digunakan secara real. Nah perbandingannya dengan menggunakan BBM Premium. Lebih irit mana?
 
Sebagaimana dikutip situs resmi Toyota di Indonesia. Bahan bakar minyak (BBM) baru ini memang belum didistribusikan maupun dijual ke konsumen. Namun, pengujian terhadap BBM dengan RON 90 ini telah dilakukan oleh PT. Pertamina (Persero).
 
Laboratorium Motor Bakar dan Sistem Propulsi Institut Teknologi Bandung melakukan pengujian BBM baru ini dengan menggunakan Toyota Avanza
 
Hasil yang didapat ternyata cukup memuaskan. Konsumsi tercatat saat Toyota Avanza menggunakan Premium yaitu 13,64 km/liter. Sementara konsumsi yang tercatat saat menggunakan Pertalite yaitu 14,78 km/liter alias lebih irit 1,14 km/liter.
 
Menurut Dr. Ing. Ir. Tri Yuswidjajanto Zaenuri, staf ahli Laboratorium Motor Bakar dan Sistem Propulsi ITB, apabila pengguna Premium beralih menggunakan Pertalite, pasti akan lebih irit. 
 
"Namun, apabila sebelumnya menggunakan Pertamax RON 92 lebih sering, pasti akan lebih boros," kata Yus.
 
Ditambahkan oleh Yus bahwa saat pengujian, mobil yang digunakan adalah Toyota Avanza transmisi otomatis dan tidak mengubah pengaturan mesin apapun. Pengaturan mesinnya sama seperti yang dari pabrik. (mobil.otomotifnet.com)

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa