Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mengenal Transmisi AGS Suzuki Karimun Wagon R

Rabu, 6 Mei 2015 | 15:06 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Jakarta - Pertama dikelas mobil murah LCGC, kini tersedia transmisi yang bisa manual juga bisa matik pada Suzuki Karimun Wagon R AGS. Kok bisa ya satu mesin transmisinya dua? Biar nggak penasaran, yuk kita mengenal lebih dekat transmisi Auto Gear Shift (AGS) pada Karimun Wagon R.

Teknologi Auto Gear Shift merupakan inovasi terbaru dari Suzuki Indonesia yang disematkan di Karimun Wagon R, dilengkapi dengan aktuator hidrolik elektronik yang mengoperasikan perpindahan gigi secara otomatis dengan transmisi manual 5 percepatan terbaru.
No caption
No credit
No caption

tampilan tuas transmisi sama dengan transmisi konvensional lainnya

Auto Gear Shift sebelumnya diperkenalkan oleh Suzuki pada transmisi Suzuki Celerio AMT yang merupakan transmisi manual biasa yang diberikan modul kopling otomatis dan perpindahan gigi secara manual oleh komputer, yang dikenal dengan istilah Robotized Gearbox.

“Auto Gear Shift (AGS) bekerja dengan mengintegrasikan aktuator hidrolik presisi yang dikendalikan oleh Electronic Control Unit (ECU) dan Transmission Control Modul (TCM) untuk mengontrol kopling, persneling gigi, dan mesin," beber Donny Saputra, Head of 4W Product Development PT.SIS.

Transmisi ini mampu memberikan perpindahan gigi dalam waktu yang optimal untuk memberikan kenyamanan berkendara layaknya transmisi otomatis dan lebih hemat bahan bakar layaknya transmisi manual.

Tuh lihat, bisa manual tapi tetap tanpa pedal kopling

“Ini merupakan keuntungan ganda yang di berikan oleh transmisi ini karena AGS merupakan penggabungan keunggulan yang terdapat pada transmisi manual dan otomatis sehingga pengemudi dapat mengatur laju kecepatan kendaraan dengan menyesuaikan transmisi pada  kondisi jalan yang dilalui. Hal ini tentunya menambah kenyamanan pengemudi dalam berkendara dan juga menghemat bahan bakar kendaraan,” tambahnya.

Keuntungan lainnya dari penggunaan transmisi AGS ini, karena hanya perlu menambahkan modul kopling dan perpindahan gigi otomatis pada transmisi manual, maka Suzuki dapat menekan harga produksi transmisi automatic, juga bobot transmisi ini yang lebih ringan.

Dari segi performa, Karimun Wagon R AGS menggunakan mesin K10B berkapasitas 998 cc 3-silinder DOHC 12-katup dengan tenaga maksimum 68 dk dan torsi maksimum 90 Nm. (otomotifnet.com)

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa