Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Efek Harga BBM Turun Pada Penjualan Mobil

Selasa, 6 Januari 2015 | 10:05 WIB
No caption
No credit
No caption


Jakarta - Harga bahan bakar minyak yang turun untuk semua jenis baik Premium maupun Pertamax series diyakini akan menjadi angin segar bagi pasar otomotif nasional. Harapannya, dengan harga BBM yang lebih terjangkau daya beli konsumen makin tinggi. 

Meski begitu, kebijakan baru dari Pemerintah ini tidak setra merta disambut gembira pelaku bisnis otomotif. Tren peningkatan penjualan mobil efek dari turunnya harga BBM masih harus ditunggu.

"Perlu beberapa bulan untuk penyesuaian," buka Jonfis Fandy, selaku Marketing & Aftersales Service Director PT Honda Prospect Motor (HPM).

"Harapannya justru keputusan ini bisa membuat pasar belajar sebentar dan kemudian menjadi positif kedepannya," sambungnya.

Hampir senada, 4W Sales, Marketing & DND Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Davy J Tuilan juga menjelaskan, penurunan harga BBM yang saat ini dilakukan oleh pemerintah pengaruhnya sangat kecil sekali bagi industri otomotif nasional. Terutama terkait dengan harga jual mobil baru.

Karena yang dianggap dapat mempengaruhi kenaikan harga jual mobil masih berkisar soal suku bunga yang ditetapkan oleh Bank Indonesia (BI), jika dinaikkan tahun ini, maka harga jual mobil bisa terus naik. Tapi kalau hanya bbm, pengaruhnya tidak signifikan dan tidak serta merta bisa menurunkan harga jual mobil.

"Pengaruhnya (penurunan harga BBM) tidak signifikan terhadap industri otomotif. Justru suku bunga dari BI yang tahun ini akan naik atau turun yang akan berpengaruh bagi industri otomotif nasional," bebernya.

Harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi turun mulai. Premium atau RON 88 dari Rp 8.500 menjadi Rp 7.600. Sedang solar dari dari Rp 7.500 menjadi Rp 7.250. Hal ini terjadi karena pemerintah telah menghapus subsidi BBM untuk jenis premium sehingga harganya mengikuti harga pasar. 

Meski begitu pemerintah tetap memberikan subsidi tetap sebesar Rp 1.000 per liternya dan sisanya mengikuti mekanisme pasar. (otomotifnet.com)

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa