Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mobil Super Irit Keris RVI, Konsumsi Bahan Bakarnya Ribuan KM Perliter!

Jumat, 5 Desember 2014 | 10:03 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption
Depok - Para mahasiswa-mahasiswi Universitas Indonesia yang tergabung dalam UI SMV sudah menyiapkan senjata baru untuk menghadapi kompetisi adu irit bahan bakar kendaraan, dalam program Shell Eco Marathon Asia 2015 mendatang.

Masih hasil pengembangan dari prototipe sebelumnya, Keris SV, mobil super irit bbm terbaru UI SMV sekarang diberi nama Keris SVI. Ada beberapa pengembangan yang dilakukan tim UI SMV pada mobil berbentuk kapsul ini agar mencapai target mereka.

Mobil berbentuk kapsul ini sengaja didesain demikian, agar aerodinamis saat melaju di lintasan benar-benar minim hambatan angin. Ada beberapa software rancang bangun yang diandalkan UI SMV untuk mendesain tingkat aerodinamis Keris RVI ini.

"Jadi kita bikin mobil ini dengan tiga poin utama. Harus ringan, minim gesekan, dan juga aerodinamis. Nah, kami sampai menggunakan software tertentu untuk mendesain bodi agar aerodinamis," Maha Willy Chandra, General Manager Mechanical Engineering sekaligus Ketua Umum UI SEM 2015.

Bahkan, untuk Keris RVI yang akan berlaga di Manila, Filipina tahun 2015 mendatang dalam ajang Shell Eco Marathon Asia 2015, tim UI SMV sudah membekali Keris RVI dengan mesin baru berkapasitas 65cc yang merupakan rakitan mereka sendiri dari hasil modifikasi.

"Kita sempat pakai basic mesin Honda Beat, yang kita modifikasi ulang agar memenuhi syarat dan kompetitif saat bertanding, tapi sekarang kita pakai mesin bikinan sendiri, hanya 65 cc," kata Willy lagi, tanpa mau mengungkap rahasia racikan mesin tersebut.

Mesin 65cc tersebut hanya disandingkan dengan gigi tunggal, dan dipasang di rangka Monocoque chassis with vacuum fabric method berbahan alumunium alloy yang ringan. Untuk kemudian dipasangkan bod berbahan serat karbon.

Mobil prototipe Keris RVI ini punya dimensi panjang 280 cm, lebar 64 cm dan tinggi 65 cm. Wheelbase 140 cm, dan bobot keseluruhan hanya 38 kg. Hasilnya, jarak sejauh 1.027 km hanya butuh 1 liter bbm.

"Kita menargetkan ada peningkatan efisiensi bahan bakar pada Keris RVI. Kalau sebelumnya bisa mencapai 1.027 km perliter, untuk tahun depan kita targetkan mencapai 1.500 km perliter," ujar Willy sebagai penutup. (mobil.otomotifnet.com)

No caption
No credit
No caption

kabinnya cuma masuk satu orang, itu juga pas-pasan!

No caption
No credit
No caption

Coba liat sistem kemudinya, ribet juga ya. Kayaknya cuma sang driver yang paham..


Nah, mesin 65cc ini yang pengin bikin rekor mobil teririt bbm, 1500 km perliter

Data Spesifikasi:

Kapasitas Mesin : 65cc
Transmisi : Single Ratio
Bahan Bakar : Oktan 95
Berat : 38 kg
Panjang : 280 cm
Lebar : 64 cm
Tinggi : 65 cm
Wheelbase : 140 cm
Sassis : Monocoque with vacuum fabric method
Ban : FDR Custom

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa