Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mahasiswa UI Siapkan Mobil Super Irit BBM

Kamis, 4 Desember 2014 | 17:24 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Depok - Setelah sukses pada kompetisi Shell Eco Marathon 2014, tim UI SMV kini sudh menyiapkan mobil pengembangan terbaru mereka dan siap berlaga kembali di Shell Eco Marathon 2015 yang akan berlangsung di Manila, Filipina 2015 mendatang.

Ada dua tim yang disiapkan tim UI SMV. Pertama, Nakoela yang akan berlaga di kelas Prototipe dengan mobil andalan Keris RVI. Sedangkan satu tim lagi, Sadewa, akan berlaga dengan mobil Urban Concept Kalabia Evo 4.

"Kita sangat optimis, apalagi saat ini dukungan semakin banyak. Dengan pengembangan terbaru ini, kita hendak memecahkan rekor Asia pada Shell Eco Marathon 2015 mendatang," ujar Maha Willy Chandra, General Manager Mechanical Engineering sekaligus Ketua Umum UI SEM 2015, hari ini (4/12)
No caption
No credit
No caption

mobil prototipe imut ini mengandalkan mesin modifikasi berkapasitas 110cc

Pada gelaran sebelumnya, mobil prototipe Keris RV berhasil mencatatkan angka konsumsi bahan bakar 1 liter untuk jarak 1.027 Kilometer. Nah, untuk gelaran Shell Eco Marathon 2015 mendatang, targetnya harus bisa mencapai angka 1.500 Kilometer untuk 1 liter bahan bakar.

Sedangkan satu lagi dikelas Urban Concept, ada Kalibia Evo 4, yang pada kompetisi sebelumnya sukses membukukan catatan konsumsi bahan bakar 1 liter untuk jarak sejauh 301,7 Kilometer. "Target di 2015 bisa tembus 450 Kilometer untuk 1 liter bbm," tambah Willy.

mobil kedua ini lebih bongsor, begitu juga mesinnya yang berkapasitas 125cc

Mobil ini adalah karya unit kegiatan mahasiswa, Universitas Indonesia Supermileage Vehicle Team (UI-SMV). UI-SMV tak pernah absen membawa nama Universitas Indonesia saat mengikuti kegiatan ini. Pada 2012, mereka meraih juara kedua kategori mobil konsep urban berbahan bakar bensin dengan jarak tempuh sekitar 150 kilometer per liter. (mobil.otomotifnet.com)

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa