Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Harga Mobil Baru Bisa Naik 15 Persen Kalau Standar Keselamatan Ditingkatkan

Kamis, 4 Desember 2014 | 11:03 WIB
No caption
No credit
No caption


New Delhi - Menangapi fenomena banyaknya mobil-mobil yang dipasarkan di India gagal lulus uji tabrak yang dilakukan Global NCAP, pemerintah India langsung berencana membenahi standar keselamatan pada mobil-mobil yang dipasarkan di negeri Hindustan tersebut.

Menteri Transportasi Jalan dan Jalan Raya India, Pon Radhakrishnan, seperti dilansir IndianAutosBlog hari ini (3/12) mengatakan kalau pemerintah sedang menggarap regulasi uji tabrak terbaru. 

"Untuk memenuhi peraturan baru, para pabrikan mobil mungkin harus menyertakan fitur keselamatan seperti ABS dan airbag sebagai bagian dari perlengkapan standar," katanya.

Namun, dengan adanya penambahan fitur keselamatan baru tersebut, sudah tentu akan berpengaruh terhadap harga jualnya. Bila pemerintah memaksa semua pabrikan untuk menyematkan, minimal rem ABS dan Airbags saja, harga mobil di India bisa naik sampai 15 persen.

Kenaikan harga akan berdampak buruk pada penjualan mobil baru di India, yang baru saja mulai menunjukkan tanda-tanda pemulihan berkat penurunan harga bahan bakar dan cukai. Lebih penting lagi, 50 persen pembeli mobil baru di India merupakan orang yang tadinya menggunakan sepeda motor beralih pada mobil dan harga yang lebih tinggi bakal membuat mereka menunda pembelian. (mobil.otomotifnet.com)

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa