Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ini Cara Nyetir Hemat BBM Ala Mitsubishi

Selasa, 25 November 2014 | 15:02 WIB
No caption
No credit
No caption


Jakarta - Sebelum seluruh peserta Mirage Eco Fun Drive II yang digelar PT Krama Yudah Tiga Berlian Motors (KTB) berangkat, (24/11) masing–masing peserta dibekali ilmu oleh pereli nasional Rifat Sungkar. 

Beberapa tips dan trik diberikan bagaimana berkendara 'Eco Driving' yang baik dan benar agar dapat memperoleh hasil yang maksimal dalam hal penggunaan bahan bakar.

Hasilnya, Budi Heryanto berhasil finish di Alam Sutera, Serpong dengan konsumsi bahan bakar 21,83 km/liter dengan keberangkatan dari Kantor pusat KTB di Pulomas, Jaktim. Seluruh peserta menempuh rute dalam kota dan menghadapi kemacetan khas Jakarta. Melewati daerah Sunter, Kemayoran, Gajah Mada, Ancol, sampai masuk tol dalam kota.

Dirinya mengaku sangat memperhatikan sekali tips dan trik yang diberikan oleh Rifat. Seperti selalu menjaga kestabilan emosi dalam berkendara, jaga putaran mesin di kondisi RPM ideal yaitu antara 1.500-2.000. Menekan pedal gas disaat yang tepat, yaitu pada saat tanjakan serta melepasnya di kondisi turunan.
 
Begitu pula saat melakukan start atau pada waktu akan menjalankan kendaraan, putaran mesin harus naik dengan perlahan. Posisi temperatur AC diatur pada suhu yang tepat. "Penempatan pada kondisi temperatur AC overcool, justru akan menambah berat kinerja mesin," jelas Budi hasil menyadur ilmu dari sang pembalap sebelum berangkat.

Dan yang terakhir, pertahankan kecepatan jelajah pada putaran mesin ekonomis, hindari pengereman dan akselerasi mendadak, antisipasi situasi dan kondisi jalan, maksudnya mengetahui rute perjalanan dengan fokus, konsentrasi jaga jarak aman dan waspadai lalu lintas dari segala arah. (mobil.otomotifnet.com) 

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa