Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pakai Pertamax, Konsumsi BBM Suzuki Ertiga Tembus 23,8 Km Perliter

Selasa, 25 November 2014 | 12:04 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Jakarta - Ditengah pengurangan subsidi untuk bbm Premium, mulai banyak masyarakat yang melirik bbm non subsidi semisal Pertamax, karena selain lebih berkualitas juga perbedaan harganya yang semakin tipis. Nah, kali ini otomotifnet.com akan menguji konsumsi bbm menggunakan Pertamax.

Mobil yang diuji adalah Suzuki Ertiga transmisi otomatis, setidaknya mewakili segmen mobil terbanyak di tanah air dan bisa mengakomodasi keluarga. Pengetesan mengandalkan MID pada spidometer. Mobil berisi dua orang dan AC dibiarkan tetap menyala agar kenyamanan tetap terjaga.

Rute juga sengaja kita pilih sama dengan sesi pengetesan sebelumnya. Berangkat dari markas OTOMOTIF di Jalan Panjang menuju Sentul, tembus di Toll JORR, kemudian melalui tol Jagorawi dan finish di kawasan Sentul. Mobil dipacu konstan sebisa mungkin di 60 km perjam.

Kondisi jalan saat sesi pengetesan siang hari lumayan padat, terutama ketika hendak masuk ke jalan tol dan pasca keluar gerbang tol. Namun begitu, beberapa ruas toll terlihat lenggang, meski nggak jarang juga harus sampai berhenti untuk beberapa saat.

Hasilnya lumayan lho, saat sampai di lokasi finish di kawasan Sentul, Bogor, angka konsumsi bahan bakar rata-rata yang tertera di MID spidometer Suzuki Ertiga adalah 23,8 km perliter. 

"Ini lumayan luar biasa. Harusnya memang pakai Pertamax bisa lebih irit. Tapi nggak tau deh, nanti setelsah tes pakai Premium baru bisa tau perbedaannya," komentar salah satu tim redaksi, Heru, yang ikut menemani sesi pengetesan ini.

Nah, selanjutnya otomtoifnet.com akan melakukan pengujian sesi kedua, dimana bahan bakar yang digunakan adalah subsidi Premium. Juga akan dites dua kali, pertama dengan penumpang penuh 7 orang dan hanya dua orang saja. (mobil.otomotifnet.com)

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa