Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Selama Transportasi Publik Belum Layak, Mobil Murah Nggak Bakal Dimatikan Pemerintah

Rabu, 19 November 2014 | 17:04 WIB
No caption
No credit
No caption


Bogor - Naiknya Jokowi menjadi Presiden sempat memberikan kekhawatiran beberapa pabrikan mobil yang punya produk mobil murah LCGC. Karena sejak menjabat Gubernur DKI saja, Jokowi sudah mengkritik karena mobil murah bisa menghambat program atasi kemacetan.

Namun, perlahan kembali ada harapan bagi para produsen kalau Presiden Jokowi nggak akan tega membunuh mobil murah LCGC. Selain kebutuhan masyarakat akan sebuah mobil berharga terjangkau terus naik, sektor transportasi publik yang belum juga dibenahi serius menjadi salah satu alasan penangkal terbunuhnya LCGC oleh pemerintah.

"Kelas menengah terus tumbuh, demam mobil pun tak bisa dihindari, dan kami percaya pemerintah akan memikirkan hal ini sematang mungkin," komentar Direktur Marketing Astra Daihatsu Motor, Amelia Tjandra.

Kalau pemerintah sampai nekat juga membuhun mobil murah LCGC, maka negara-negara lain akan siap menggantikan produsen lokal Indonesia untuk memnuhi demam masyarakat kelas menengah akan sebuah mobil. Apalagi, disaat transportasi publik belum memadai. Sebuah mobil yang murah adalah solusi sementara.

Sebelumnya, Wapres JK sempat memberikan komentar terkait kritikan Jokowi terhadap mobil LCGC. Menurutnya, Jokowi mengkritik dengan kapasitasnya sebagai gubernur DKI yang berbicara hanya sebatas DKI Jakarta saja. Saat ini sebagai Presiden, dirinya harus berfikir menyeluruh.

JK mengatakan, aturan yang dibuat pemerintah sebisa mungkin sifatnya berkelanjutan, sehingga ada kepastian bagi pelaku industri. Tidak boleh setiap aturan yang dikeluarkan oleh pemerintah lama, dipangkas atau dihapus oleh pemerintah baru.

Soal LCGC, JK berpendapat, program ini memiliki filosofi agar masyarakat kalangan menengah bisa membeli mobil. Kedua, lanjutnya, ini untuk mengantisipasi masyarakat ekonomi ASEAN yang berlaku 2015. (mobil.otomotifnet.com)

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa