Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

80 Persen Ekspor Mobil Indonesia Disumbang Toyota, Fortuner Paling Banyak

Dimas Pradopo - Selasa, 11 November 2014 | 16:45 WIB
No caption
No credit
No caption


Jakarta
- Total ekspor yang dilakukan PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) sepanjang Januari hingga September 2014 mencapai 115 ribu unit. Angka ini meningkat hingga 30 persen bila dibandingkan periode yang sama tahun lalu yang hanya 89 ribu unit.

“Toyota Indonesia tercatat sebagai penyumbang ekspor otomotif terbesar di Indonesia. Berdasarkan data Gaikindo, total ekspor CBU hingga kuartal ketiga tahun 2014 berada dikisaran angka 148.000 unit, 80 persennya adalah ekspor mobil Toyota”, ungkap Warih Andang Tjahjono, Wakil Presiden Direktur TMMIN.

Unit paling banyak diekspor adalah SUV Toyota Fortuner sebanyak 40 ribu unit. Posisi kedua adalah Avanza dengan total 29 ribu unit dan Vios yang mencapai 5 ribu unit. Model yang tak kalah penting adalah Innova dengan total ekspor mencapai 11 ribu unit.

Model lainnya yang juga diekspor yaitu Yaris, Agya, Rush dan Town Ace membukukan angka mendekati 20 ribu unit untuk keempat model tersebut.

Disamping itu, pada periode yang sama PT TMMIN juga mengekspor kendaraan dalam bentuk kendaraan terurai atau CKD (Completely Knock Down) sebanyak 31 ribu unit. Ekspor komponen tercatat mencapai 47 juta unit sedangkan ekspor mesin dalam bentuk Engine Assembly tercatat 39.000 unit dan Engine Component mendekati 73.000 unit.

Saat ini lebih dari 70 negara di kawasan Asia-Pasifik, Timur Tengah, Amerika Latin, Afrika, dan Kepulauan Karibia menjadi daerah tujuan ekspor Toyota Indonesia. (mobil.otomotifnet.com)


Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa