Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Modifikasi Suzuki SX4 2008 Crossover Safari Rally

Otomotifnet - Jumat, 7 Agustus 2015 | 10:08 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption


Tahun 2002 silam, Haryo sempat turun reli pakai Toyota Starlet dan Timor. Berhubung sepi, akhirnya kedua mobil itupun dijual.  Karena kangen, akhirnya SX4 ini berubah ala reli safari


Jakarta - Hahaha, kurang lebih gitu lah, tapi sekarang gue turun di speed off road saja. SX4 ini buat harian,” gelak Haryo Wicaksono, pemilik Suzuki SX4 berwarna silver ini.
Hanya saja biar beda, tak sekadar rally look yang dijadikan acuan. “Gue pengin tampil ala mobil safari rally.

No caption
No credit
No caption

Fog light bar dengan braket custom ala safari rally. Awas yang mau ikutan mesti waspada sensor airbag!


Biasanya  tampilannya lebih tinggi dan depannya pakai roll cage, plus fog lamp di roll cage depannya itu,” ujar Haryo, sapaan akrabnya.Tentu saja yang pertama diganti adalah peleknya. Replika Compe Rally diameter 16 inci pun jadi pilihan. Untuk bannya pakai Yokohama Geolandar A-T/S 215/70R16. “Masalah baru pun timbul, mentok ke sepatbor,” ucap pria murah senyum ini.

No caption
No credit
No caption

Suspensi depan research-nya bikin pusing Haryo

Sesuai konsep, maka suspensi segera ditinggikan. ”Gue paling anti pake lift kit yang diposisikan di atas top support, karena mobil bakalan limbung. Mau gaya kok nyusahin, hehehe,” kekeh pria 31 tahun ini. Akhirnya sokbreker Gabriel dengan rumah sokbreker Tokico Jepang dimodifikasi.

No caption
No credit
No caption

Suspensi belakang relatif lebih mudah. Masih pakai sokbreker asli SX4


“Botol rumah sokbreker dipanjangkan 9 cm dengan MIG welding, karena sokbreker yang ada di pasaran semuanya kurang panjang. Lalu gue buat juga under shock lift 85 mm dengan bahan polyurethane, supaya as sokbreker masih bisa main compress dan rebound-nya,” jelas Haryo.

No caption
No credit
No caption

Pelek replika Compe Rally dengan ban A/T oke juga!


Haryo juga memasang lift shock custom yang dibuat dari bahan metal setebal 5 mm, ia meniru konstruksi lift kit merek Rocky Road USA. Lalu per depannya pakai eks Hyundai Verna. “Ini per ke 3 yang gue rasa rigid-nya cukup. Empuknya dapat, ngebut stabil, compress dapet 24 cm dan rebound dapat 38 cm,” tukas pria berkaca mata ini.

Belakang tak perlu banyak ubahan. Tampilan tinggi ala safari rally pun berhasil diciptakan Haryo


Urusan suspensi selesai, baru ia melengkapi pernik ala safari rally. “Mud flap buat dari bahan alumunium 3 mm, kalau roll cage depan cuma buat fog lamp, pakai bahan seamless. Yah, fog light bar kali ya bilangnya hahaha,” gelaknya lagi.

Pemasangan fog light bar ini menggunakan bracket knockdown di bawah crossmember depan untuk knock down rail tubing fog light-nya.“Untuk yang mau buat, hati-hati jangan lupa pindahkan sensor airbag, dengan kekuatan ground yang sama pada posisi semula,”  pesan Haryo. Bravo rally look Indonesia! • (otomotifnet.com)

Plus:
- Ubahan Safary Rally terlihat kental

Minus:
- Interior masih standar

Data Modifikasi
Fog lamp Warn SDB 160, fog light mounting bar suspensi depan custom lift 9 cm sokbreker Gabriel per depan Hyundai Verna sokbreker belakang Kayaba OEM lift shock custom, custom lift 4 cm bahan alumunium 60-61 CNC custom mud flap custom alumunium 3 mm & karet 2 mm ban Yokohama Geolandar ATS 215/70R16 pelek replika Compe Rally 16 inci


 


Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa