Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Modifikasi Mitsubishi Lancer SE.i 2002, Idaman Sejak Sekolah

Otomotifnet - Senin, 15 Juni 2015 | 18:13 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Untuk mewujudkan keinginan, berbagai cara kerap ditempuh


Jakarta
- Sudah kepincut dan ingin memiliki Mitsubishi Lancer Evolution VI, membuat H.M Kurdi terus membayangkannya. Untuk mewujudkan keinginanannya, satu unit Mitsubishi Lancer SE.i keluaran 2002 direlakan menjadi Evo VI.

No caption
No credit
No caption

Mesin 4G63T masih dalam keadaan standar. Cukup untuk dipakai keperluan sehari-hari


"Sejak awal memang suka. Menurut saya, tampilannya paling gagah dibanding Evo lain. Berikut juga model tulisan," sebut Jikur, panggilannya. Demi merealisasikan Evo VI, sang ‘domba' dibawa ke Sonny AK, pemilik bengkel Abunawas di Pamulang, Tangsel. Setidaknya, harus didiamkan selama 6 bulan untuk bisa berubah wujud.

No caption
No credit
No caption

Jok depan pakai Tommi Makinen Edition. Untuk belakang masih dalam tahap pencarian

Tentu bukan dengan pembacaan mantra dan bakar kemenyan, tapi mendatangkan beberapa komponen milik mobil idaman tersebut. "Saya dapat halfcut depan dan belakang utuh. Jadi tinggal sambung dengan bodi lokal," seru Jikur.

No caption
No credit
No caption

Pelek pakai Evo X dengan dimensi 18 inci dan lebar 8,5 inci. Grip semakin maksimal


Meski demikian, bukanlah hal mudah. Sebab Sonny harus memotong bagian depan standar dan disambung milik Evo VI. Sambungan tersebut harus benar-benar presisi dan tidak terlihat. Sebab jika tidak melalui perhitungan justru akan berbahaya.

No caption
No credit
No caption

Pemasangan lantai belakang, gardan serta kaki-kaki butuh perhitungan matang


Demikian juga untuk bagian belakang. "Sebenarnya tidak terlalu kesulitan untuk penyambungan. Yang perlu perhitungan matang karena lantai belakang kita ganti pakai punya Evo VI," sebut Sonny Abunawas.

Sayap, penutup bagasi serta kaca belakang dapat lengkap dengan wiper milik Evo VI


Kebutuhan ruang untuk gardan belakang serta kopel jelas membuat lantai kabin ruang belakang standar tak bisa dipakai. Dudukan kaki-kaki seperti arm dan suspensi juga berbeda. Penggantian dilakukan tepat pada lantai di bawah jok belakang.

Sekarang tenaga baru 220 WHP (wheel horse power), akan ditingkatkan menjadi sekitar 300 WHP, karena hanya akan dipakai sehari-hari. Berbagai komponen peningkat performa akan dipasangkan. Seperti turbo pakai GTX 30, ECU Haltech PS 1000 dan lainnya.

Keinginan Jikur untuk memiliki Evo VI paling tidak sudah tersalurkan, meski bukan wujud asli. •  (otomotifnet.com)

Plus:
- Ubahan yang dilakukan cukup detail

Minus:
- Jok belakang belum satu versi dengan yang depan

Data modifikasi
Bodi: Ubah ke Mitsubishi Lancer Evolution VI, kecuali atap, pilar tengah, fender belakang kanan dan kiri Mesin: 4G63T Standar. Porting dan polish Per klep: BC Sokbreker: HKS Kopling: ACT ECU: Mitsubishi Lancer Evolution V Bengkel: Abunawas. Jl. Pajajaran No.99, Pamulang, Tangerang Selatan




Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa