Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Modifikasi Daihatsu Gran Max, Potensi Tampil Aksi

Otomotifnet - Kamis, 12 Maret 2015 | 11:07 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Alirannya pun bermacam-macam, mulai dari yang tampilan elegan hingga sporti


Jakarta - Siapa sangka kalau Daihatsu Gran Max ini ternyata jadi salah satu sasaran para pehobi modifikasi mobil? Padahal Gran Max awalnya diluncurkan sebagai mobil niaga yang banyak digunakan untuk usaha. Seperti catering, laundry, bahkan untuk storing bengkel.

No caption
No credit
No caption

Jok Recaro bisa jadi pilihan untuk mempercantik kabin


Namun sejak beberapa tahun belakangan mulai bermunculan Daihatsu Gran Max yang sudah dimodifikasi, baik yang versi minibus, blind van, bahkan pick-up sekalipun. Alirannya pun bermacam-macam, mulai dari yang tampilan elegan hingga sporti.

No caption
No credit
No caption

Mulai dari versi minibus sampai blind van bisa dimodif!

Bahkan ada satu unit Toyota Town Ace (Daihatsu Gran Max untuk di ekspor ke Jepang) yang juga sudah dimodifikasi oleh pemiliknya. “Tampilan Gran Max yang ‘biasa-biasa’ saja justru mudah dimodifikasi, dengan ganti pelek saja tampilannya langsung berubah,” ujar Duran, pemilik Town Ace berwarna putih yang pernah masuk OTOMOTIF tahun lalu.

No caption
No credit
No caption

Mau tampil elegan? Bisa!


Duran memiliki pelek Enkei Sport Tarmac 16 inci dan Enkei EV5 18 inci untuk Town Ace-nya ini, “Saya lebih senang gaya sporti dengan pelek rally ini,” bisiknya. Lain lagi dengan Audi Daniel, pemilik Gran Max silver yang lebih memilih modifikasi ‘campuran’,

No caption
No credit
No caption


“Sebenarnya tadinya lebih ke arah sporty, tapi akhirnya ganti pelek pakai punya Cherokee Sport supaya kelihatan sedikit sangar,” bilangnya. Untuk memasukan pelek ini ia memodifikasi lubang baut di pelek. Jumlah baut sama-sama lima hanya beda jarak.

No caption
No credit
No caption

Tampilan sporti paling pas!


PCD Grand Max 114,3 sedang Cherokee 112. Lalu Audi juga mengganti headlamp-nya dengan model custom mengunakan punya Toyota Kijang Super dan frame custom. Kalau yang beraliran elegan adalah Gran Max milih Ahmed Sidky yang juga masuk OTOMOTIF edisi Januari lalu, ia memasang Carlsson 1/6 Evo diameter 19 inci lebar 8,5 inci untuk Gran Maxnya yang berwarna silver ini. “Ternyata bisa juga pakai 19 inci di Gran Max hehehe,” kekeh juragan pelek Pancoran Ban ini.

Sementara untuk modifikasi Gran Max pick-up dilakukan oleh Gunter Napitupulu, ia memasang pelek replika BBS 17 inci dan membuat cover bak custom di sisi kiri dan kanan bawah agar terlihat lebih rapi. Untuk versi Blind Van modifikasinya dilakukan oleh bos bengkel balap Donsa Garage, Doni Satrio.

Ia punya banyak koleksi pelek rally, yang pernah dipakai antar lain Compomotive diameter 16 inci dan juga memasang piggyback Dastek untuk mendongkrak performa mesinnya. Tak hanya di Jakarta, Bandung pun juga ketularan ikut modifikasi Gran Max ini.

Seperti yang dilakukan bos R-Kups Garage dengan Gran Max blind vannya, ia memasang pelek Enkei Apache 14 inci dan mengganti headlamp custom seperti milik Audi. “Mobil ini biasanya saya pakai untuk mengangkut pelek, jok Recaro, dan lain-lainya,” bilang Robby lagi.

Untuk interiornya, Gran Max juga bisa dibuat lebih maksimal. Duran dan Robby lebih memilih mengganti jok depan dengan jok Recaro agar terlihat lebih sporti. Untuk audionya headunit bisa mengaplikasi model 2-DIN monitor, untuk tatanan audio pun bisa lebih bermain.

Nah, untuk tema modifikasi, ada pendapat yang berbeda dari para pemilik mobil-mobil ini. “Menurut saya, Gran Max ini lebih cocok pakai pelek sporty seperti OZ Racing atau Enkei lebih masuk ke bodi boxy-nya Gran Max,”ujar Duran yang juga diamini Audi.

Namun Sidky lebih pro ke tema elegan, “Menurut saya malah lebih cocok pelek yang elegan, seperti Carlsson 1/6 Evo ini ,”tukasnya. Selanjutnya, Sidky menjelaskan kalau spek yang aman untuk Gran Max adalah velg offset +45 kalau mau rata bodi, “Diameter 17 inci lebar 7, ban ukuran 215/50R17 atau 215/45R17 juga bisa,”tambahnya.

Nah, bagaimana? Mau memodifikasi Gran Max Anda juga? • (otomotifnet.com)

 

Parts dan Aksesoris Town Ace

Sebenarnya yang jadi acuan untuk memodifikasi Gran Max ini adalah tampilan a la Town Ace milik Duran. “Town Ace memiliki banyak fitur yang lebih dibandingkan Gran Max lokal, seperti fender mirror, konsol tengah, foot cover, silplate, leveling headlamp, dan lainnya,” ujar Dedy Santono, penjual privateer beragam aksesoris Town Ace dan Gran Max.

Oleh karena itu, para pemilik Gran Max yang ingin memodifikasi mobilnya rela dengan susah payah mencoba mengumpulkan parts dan aksesori tadi. “Enggak mudah rupanya, tapi untung sekarang sudah mulai ada yang jual,” lega Audi.

“Yang paling banyak dicari dan dibeli orang adalah fender mirror dan konsol tengah Town Ace,” ujar Dedy. Untuk fender mirror Dedy menjualnya seharga Rp 225 ribu, lalu untuk konsol tengah ia menjual Rp 200 ribu. “Saya juga ada laci dasbor yang sekarang dipakai Luxio baru, harganya Rp 350 ribu,” tambahnya. Ketiga barang ini merupakan hot item.
Dedy Telp. 0877-10101008.

 


Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa