Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Datsun Go+ Panca Racikan Audio Maksimal Ala CEO EMMA Indonesia

Senin, 6 Oktober 2014 | 14:05 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

 
Hanya perlu 3 jam untuk bisa ikutan kontes audio sekaliber EMMA

Mobil murah identik dengan kabin bising dan interior berisik. Karakter seperti ini paling tidak disukai oleh para audiophile. Wahyu Tanuwidjaja, CEO EMMA Indonesia mencoba membalik anggapan tersebut.

"Dengan instalasi yang benar dan komponen audio yang bagus, mobil LCGC pun bisa menghasilkan tata suara yang indah," jelas pria yang juga CEO PT Audioworkshop, pemilik merek Dominations ini.

No caption
No credit
No caption

Hal ini dibuktikan ketika mendandani Datsun Go+ Panca. Uniknya, tak butuh modal puluhan juta. Dengan biaya di bawah Rp 10 juta, Datsun Go+ Panca sudah berani diikutkan kontes sekelas European Mobile Media Association (EMMA).

“Bisa turun di kelas EMMA Experience C 2000. Melawan mobil dengan komponen berbiaya Rp 30 jutaan. Dan saya yakin bisa bersaing ketat,” tegas Wahyu.

No caption
No credit
No caption

Tweeter dibuatkan dudukan baru di pilar pintu

Head unit mengandalkan Sony single DIN tipe MEX-N4050BT. Sementara speaker menggunakan Dominations Buddy 6S. Biar output suara yang dihasilkan maksimal, maka pintu diberi peredam STP. Fungsinya, untuk mengurangi getaran di panel pintu. Kan prinsip audio mobil, setiap getaran di bodi atau panel bisa mengganggu suara yang direproduksi oleh speaker.

No caption
No credit
No caption

Inilah paket 7,8 Jutaan

Sementara tweeter dipasang pada pilar pintu dengan level ketinggian telinga rata-rata orang Asia. Output speaker makin maksimal dengan power amplifier Dominations Buddy 450.

Nada rendah disuplai subwoofer Dominations ES NO.10MK2. Boks ported diracik memanfaatkan ruang kosong di atas sepatbor belakang. “Setelah dihitung, ketemu volumenya 12 liter. Dengan volume segitu, sudah cukup menghasilkan tendangan nada rendah optimal,” jelas Wahyu.

No caption
No credit
No caption
Meski subwoofer di belakang, saat dicoba, suara nada rendah ini justru muncul di tengah dasbor. "Cutting frekuensi sudah kami hitung dan sudah disetting. Sehingga, suara bass akan muncul di depan," tambah pria yang  hobi memakai celana pendek ini. 


Boks ported berkapasitas 12 liter. Menghasilkan tendangan nada rendah yang optimal.

Satu lagi yang istimewa dari sistem audio pada Datsun Go+ Panca ini adalah proses instalasi yang memakan waktu 1-3 jam saja. Dengan harga paket Rp 7,6 juta berikut instalasi, kabel dan boks (tanpa head unit).

Siapa sangka dengan biaya di bawah Rp 10 juta dan instalasi tak lebih dari 3 jam, sudah bisa ikut kontes berskala nasional. (mobil.otomotifnet.com)

 


Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa