Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Modifikasi Suzuki Jimny Sierra 1982, From Sierra To Samurai

Senin, 16 Juni 2014 | 08:06 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

 
Karena kondisi bodi dan sasis tak tertolong, terpaksa di-swap dengan Samurai

Suzuki Jimny Sierra adalah salah satu tipe Jimny yang banyak diincar oleh pecinta Jimny di Indonesia. Tak terkecuali juga ayah dari Kaynara ini. “Sudah lama saya hunting Sierra, susah juga cari yang harga dan kondisinya seimbang,” ujar pria bertubuh gemuk ini.

No caption
No credit
No caption

 
Dasbor Samurai masih utuh dan apik

Akhirnya, pucuk dicinta ulam pun tiba. Ia berhasil mendapatkan Suzuki Jimny Sierra tak jauh dari rumahnya. Namun sayangnya kondisinya cukup mengenaskan. “Bodi keropos cukup parah, bingung juga mau mulai darimana,” keluhnya.

Akhirnya, ia pun mulai hunting body parts Sierra. Alih-alih dapat body parts baru, ia mendapat tawaran menarik. “Saya ditawari bodi utuh Suzuki Samurai asli dari Jepang!” serunya dengan nada senang. Tanpa pikir panjang, langsung saja menganggukkan kepala tanda setuju.

No caption
No credit
No caption

 
Mesin Jimny lokal untuk sementara

Begitu mobil dibawa ke bengkel Garasiku di kawasan Pamulang untuk dibongkar. Di situ baru ketahuan ternyata sasisnya pun tak kalah parah dengan bodinya. “Pokoknya enggak mungkin saya pakai deh tuh sasis,” ujarnya dengan nada lesu. Namun lagi-lagi dewi fortuna sedang berbaik hati kepadanya. “Ada yang menjual sasis Samurai asli masih dalam kondisi sangat oke,” tukasnya kembali sumringah.

Akhirnya, sasis Samurai itu pun langsung dikirim ke Indonesia dari Jepang. How lucky! “Bodi Samurai yang saya dapat itu kodenya JA71C yang cukup rare, pakai kanvas dan pintu belakang rata, tidak ada handle bukaan pintunya,” bilang pehobi mobil retro ini.

No caption
No credit
No caption

 
Suspensi asli Samurai lebih empuk

Sesampainya di sini. “Ternyata enggak hanya bodi Samurai saja yang saya dapat, tapi juga berikut interiornya loh!” serunya lagi. Jadi jok depan belakang berikut dasbor dan setir juga sudah termasuk dalam bodi itu.

Meski masih terbilang mulus, pengecatan ulang tetap dilakukan agar mobil terlihat segar. “Warnanya tetap ikut aslinya, merah marun,” bisiknya. Jadi cat merah marun dari Danagloss berikut vernis merek yang sama jadi pilihan. Karena kanvas bawaan tidak ada, akhirnya kanvas buatan Bestop pun langsung dipesan ke Amerika.


 
Pintu Samurai tanpa handel. Langka nih...

Setelah urusan bodi selesai, semua lampu-lampu pun diganti baru agar terlihat benar-benar ‘fresh’. Kemudian pelek Glorvic diameter 15 inci dengan lebar 6 inci yang dibalut ban Bridgestone Dueler A/T ukuran 235/75 R15 jadi pilihan.

Oh iya, berhubung mesin bawaan Samurai yang berkapasitas 550 cc belum sempat dipesan, akhirnya mesin asli Jimny lokal berkapasitas 1.000 cc pun menjadi pengganti sementara.

Jadi, masih tersisakah rasa Sierra disini? (mobil.otomotifnet.com)

Data Modifikasi

Bodi, interior, dan sasis Suzuki Samurai JA71C, kanvas Bestop USA, pelek Glorvic 15x6 inci, ban Bridgestone Dueler A/T 235/75R15, mesin Suzuki Jimny 1.000 cc Garasiku: 0817-6382001


Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa