Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mau Enak Sistem Audio Honda Brio, Nih Jenisnya

Selasa, 8 April 2014 | 10:30 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption



Jakarta - Meski tergolong citycar hatchback, Honda Brio masih bisa dipasangi sistem audio. Paling pas sound quality (SQ) murni. Dentuman bass masih terasa.

"Untuk Brio ini, dentuman bass tak terlalu diumbar. Tapi nada tengah dan tinggi benar-benar bersih. Inilah yang aku sebut SQ murni,” tegas pemilik Mega Audio yang buka gerai di Ruko Green Garden, Jakbar.

No caption
No credit
No caption

Tweeter, midrange dan midbass bermerek Flux
HU Pioneer Carrozzeria. Dibawa langsung dari Jepang
Kosmetik dengan lampu LED yang bisa berubah warna


Demi menghasilkan suara khas SQ murni, pria berkaca mata ini sampai mengaplikasi 4 unit power amplifier berkelas A yang bertujuan menguatkan sinyal suara yang berasal dari head unit (HU) yang kemudian akan dialirkan ke speaker.

Perangkat ini sangat penting karena bertugas menerima sinyal suara dari HU dan mengolahnya agar sinyal suara memiliki tenaga yang lebih besar dan kuat.

No caption
No credit
No caption


Secara khusus, ”Amplifier dikenal dengan beberapa jenis, yaitu kelas (Class) A, B, AB, D, Hybrid dan Tube (Tabung). Masing-masing memiliki karakter, daya output yang berbeda-beda,” tegas pria yang akrab di sapa Jhonny ini.

Penjelasan singkatnya, Class A mempunyai kualitas paling baik untuk menghasilkan suara jernih. Harga jenis ini umumnya dibanderol lumayan mahal, bisa lebih dari Rp15 juta per unit, tergantung merek.

Pada Brio ini, Jhonny menggamit 3 unit power Mosconi A Class 2 channel. Setiap power hanya men-drive 2 speaker. Satu power untuk 2 tweeter, satu power untuk 2 mid range dan satu power untuk 2 mid bass. “Dengan begitu, kualitas suara yang dihasilkan pun lebih powerful dan jernih. Karena, power tidak dibebani dengan banyak output,” tambah pria ramah ini.


Jhonny. SQ murni pas untuk kondisi kemacetan Jakarta

Sedangkan subwoofer, diperkuat dengan power Mosconi Zero 3 yang mempunyai kekuatan stereo 2 x 275W. Karena hanya untuk menguatkan satu subwoofer Scanspeak 23W. “Maka pemasangannya dengan di-bridge. Hasil output setara 1.000 Watt,” tegas honny lagi.

Meski begitu, pemasangan power kelas A ini bukan tanpa kendala. Kualitas yang bagus, harus ditebus dengan panas yang lebih tinggi dan juga boros tenaga.

Tapi, hal itu disiasati dengan pemasangan kipas sebagai pendingin pada setiap power. Sedangkan borosnya tenaga diimbangi pemasanga batcap alias battery capasitor yang menjamin suplai tenaga tak bakal tekor.

Hasilnya, nada-nada tinggi dari tarikan vokal terdengar jernih. (Mobil.Otomotifnet.com)

Data Modifikasi :

HU: Pioneer Carrozzeria 99RS
Tweeter: Flux RC HT28R
Midrange: Flux RC M80R
Midbass: Flux RC T160R3
Subwoofer: Scanspeak
Kabel: Flux Peredam: STP


Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa