Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

"Baby" Humvee dari Induk Jepang, Keren!

Senin, 30 Desember 2013 | 12:45 WIB
No caption
No credit
No caption


No caption
No credit
No caption

Bogor- Yuk, kita main tebak-tebakan. Pertanyaannya, apakah mobil ini Hummer asli? Jika Anda mengatakan bukan, lantas apa basis dari jip khas Amerika ini?

Kalau mencari identitas dari eksterior, 1000 persen - pakai istilah SBY - tidak benar (ketebak). Karena, bodi Humvee (sebutan beken Hummer) ini dibuat khusus oleh  bengkel Hthree Custom di Jln. Ciangsana No.5, Cibubur, Bogor.

Pengerjaan detail bodi patut diacungi jempol karena begitu rapi dan mirip Hummer H2. Padahal, bahannya anti-fiberglass alias menggunakan pelat galvanis 1,2 mm untuk panel bodi.
No caption
No credit
No caption

"Sengaja saya pilih pelat karena tantangannya lebih besar. Kalau mengandalkan fiberglass tidak tahan lama dan juah lebih mudah," terang Glen Rad, punggawa Hthree Custom. Selain itu, bengkel ini punya filosofi "we make an art out of iron plate".

Urusan safety tetap diperhatikan, seperti pilar A,B, dan C dibuat dari pipa seamless yang selimuti pelat galvanis. Termasuk keca disesuaikan standar pabrikan dari jenis tempered. "Saya bentuk sendiri kacanya, karena tidak ada jual yang berdimensi seperti Humvee pikap," ujar pengoleksi mobil retro ini.
No caption
No credit
No caption

Tak cuma eksterior, interior pun memakai pelat besi. Contohnya, dasbor custom memakai pelat 1 mm. Agar penampilan tidak kaku, beberapa indikator pemantau kerja mesin dipasang. Trus, seluruh jok dan panel dasbor dibungkus bahan sintetik dari MBTech.

Ketika dibuka kap mesin, barulah bisa ditebak basis dari mobil ini.  Mesin Toyota Crown 2.600 cc Manual Convert Automatic tidak mengalami perubahan. Hanya, transmisi yang diubah dari manual menjai matik.

Jadi, basis dan mesin dari "Baby" Humvee ini adalah Toyota Crown produksi 2009. (mobil.otomotifnet.com)

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa