Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Toyota All New Corolla 1.6 1997, Sempat Terlupakan...

billy - Rabu, 20 Februari 2013 | 08:06 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Selesai melakukan pemotretan Toyota All New Corolla kelahiran 1997 milik Ardinal Yufardi ini, hari berikutnya saya mendapatkan e-mail dari pria yang baru saja melepas masa lajangnya. Isinya, menceritakan bagaimana perjuangannya membuat mobil yang tadinya sempat terlupakan di rumah, sehingga jadi seperti sekarang ini. Ini dia isi e-mailnya!

Mulai dari Bingung

"Awal cerita mobil ini bisa dibilang barang bagus yang terlupakan, karena enggak ada yang merawat lagi. Seiring berjalannya waktu, jadi gue putusin buat ngerawat. Apalagi, gue sering baca liputan BT90's di OTOMOTIF, makin semangat deh! Pertama kali lihat mobil ini, malah jadi bingung mau diapain.

No caption
No credit
No caption
Dari kebingungan itu, mulai deh gue cari komunitasnya, dan join ke Jakarta All New Corolla atau JANC. Niatnya gabung komunitas itu, selain untuk nambah teman dan juga cari info tentang kelemahan dan kelebihan mobil ini. Seperti kode AE111, dan pastinya info-info tentang versi Jepangnya. Apa sih yang beda dari versi lokalnya?

Belakangan, akhirnya gue tahu kalau ternyata lumayan banyak juga perbedaannya, mulai dari emblem, kelengkapan interior seperti cup holder, air purifier, spion retract, clean box, karpet, body kit versi GT, side marker, dan lainnya. Perubahan terus berlanjut, mulai deh ngumpulin barang aneh seperti grill, emblem C*** dan SE Saloon, bikin lips custom, juga ducktail custom.

Tak ingin tampil cupu, akhirnya ganti pelek Atev diameter 16 inci lebar 7,5 inci, dan bertahan cukup lama juga dengan style ini. Terus, gue kepikiran dengan kondisi mesin, akhirnya opsi PnP sekalian pasang header 4A-GE dan bikin ulang downpipe.

Tapi, lama-lama kok mulai bosan juga lihat tampilannya enggak berubah, akhirnya ganti pelek Hartge Japan 16 inci lebar 7 inci, enggak lama, bosan lagi terus ganti Borbet Carisma 16 inci lebar 7,5 inci. Intinya, gue pengen pelek yang unik dan langka. Sampai akhirnya ketemu tuh Sparco 9 yang langka!

Lama juga gue hunting-nya, diameter 16 inci lebar 7,5 inci rata dengan kondisi dop orisinal, lips - barrel masih ori juga. Iseng bongkar belakangnya, lebarin dikit jadi 8 inci, caranya ganti barrel aja. Akhirnya final spek jadi 16 inci dengan lebar 7,5-8 inci! Akhirnya bisa juga mepet fender dikit tanpa spacer.

Suspensi juga beberapa kali bongkar pasang, sampai akhirnya nemu yang pas seperti sekarang ini. Gue mengikuti saran teman nongkrong dari berbagai kalangan, yang intinya adalah, bikin pendek lagi tapi masih "main".

Akhirnya, jadi deh tampilan luar kaya sekarang. Segitu dulu saja ya email yang panjang ini, rencana ke depan, masih ada beberapa barang yang gue incer, cuma belum ketemu saja, hehehe..."

Thanks a lot sob...! (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa