Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

New Honda City 1.5 i-VTEC M/T 2010, Tetap Nyaman Untuk Harian

billy - Rabu, 12 September 2012 | 10:04 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Jika peruntukannya sekadar untuk mencari tropi kemenangan, Samuel Yapar boleh dikatakan satu dari sekian banyak modifikator Tanah Air yang paham mengakalinya. Sebab keputusannya untuk merombak tampilan New Honda City 2010 miliknya ini, bermodal perhitungan ulang agar kendaraan dapat tetap nyaman digunakan buat harian.

Hal tersebut disikapi oleh Samuel dengan menerapkan metoda plug and play pada ubahan bertema street racing. Mulai dari sektor mesin, kaki-kaki hingga eksterior. Kita mulai dari engine bay.

Mesin 1.500 cc i-VTEC bawaannya memang dirancang cukup bertenaga namun tetap efisien dalam hal pemakaian bahan bakar. Untuk mendongkrak power maksimumnya, Samuel hanya menambahkan turbo kit Sage.

No caption
No credit
No caption

Maksudnya agar dapat dipasang tanpa perlu melakukan ubahan terlalu ekstrem pada dapur pacunya. Termasuk menambahkan intercooler serta settingan boost, yang diatur ulang menggunakan super chip Greedy, tanpa mengganti jeroan vital mesin sama sekali.

Pada sektor kaki-kaki, cukup dimodali pelek Enkei ring 18 inci, berikut ban Toyo ukuran 225/35-R18. "Kombinasi ukuran roda (ban dan pelek) masih tergolong aman buat harian," yakin modifikator Skytron Autowork di kota Manado, Sulut, ini.

Begitu pula eksterior yang hanya dilapis ulang menggunakan metoda wrapping sticker di sekujur panel bodi luarnya. Menurut Samuel, jika hendak mengganti dengan kelir dan grafis berbeda, atau kalau mesti mengembalikan ke warna aslinya tak makan waktu lama dan minim biaya.

Sedangkan untuk panel pintu depan model lambo door dengan sistem motorized. Namun tak sampai mengorbankan engsel bawaannya, lantaran digantikan engsel pintu model knock down supaya dapat dikembalikan lagi ke kondisi standar.

SOUND


Kebanyakan pemain modifikasi mobil yang sudah mendandani besutannya bergaya ekstrem, kerap dihinggapi keinginan untuk meng-upgrade sistem audio bertema sound quality loud (SQL).

Hal ini tentunya punya alasan tersendiri di mata modifikator seperti Samuel, yang gak tahan membiarkan sound system-nya terlihat standar. Menurut pria ramah ini, pemasangan sistem SQL lebih ditujukan untuk menambah kesan atraktif, terutama ketika turun kontes.

Untuk itulah, Samuel membenamkan beberapa komponen car audio, dengan fokus penempatan hanya di bagasi. "Supaya suaranya tidak terlalu menggangu di kabin, ketika mobil dipakai harian," kata pentolan komunitas Famous ini.

Kabin depan cukup dimodali head unit monitor Sony 722BT lantaran fungsinya bisa dipakai buat berbagai kebutuhan multimedia, termasuk untuk menunjang kebutuhan entertainment di interior.

Sedangkan speaker split, power amplifier 6 ch maupun monobloknya berikut capasitor bank, diletakkan bersandingan bareng sebuah subwoofer 10 inci di bagasi. Fungsinya jelas, sekadar buat menciptakan sound menggelegar ketika turun kontes atau saat nongkrong bareng rekan satu komunitas. (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa