Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

First Drive Honda Mobilio CVT, TEMBUS 24,5 KM/L

Otomotifnet - Jumat, 1 Mei 2015 | 13:05 WIB
No caption
No credit
No caption


No caption
No credit
No caption


Jakarta
- Sabtu lalu (18/4), PT Honda Prospect Motor (HPM) kembali mengadakan event Wisata Plus Honda Mobilio Tantangan Hemat 20 km/l. Berbeda dengan tahun lalu yang menggunakan rute Kelapa Gading - Sentul, perjalanan dari Honda Autoland hingga ke Kebun Raya Bogor ini terdiri dari 52 km jalan bebas hambatan dan sisanya 4,7 km non tol.

No caption
No credit
No caption

Jaga kecepatan konstan 50 hingga 60 kpj, dengan putaran mesin maksimum 1.200 rpm

Jenis perjalanan yang memiliki rute tol lebih panjang dibanding tahun lalu, seharusnya dapat membuat rekor sebelumnya terpecahkan. Padahal, tahun lalu OTOMOTIF sempat mencatat angka 23,9 km/l. Tahun ini, seorang anggota Mobilio Indonesia Community (Mobility), berhasil melewati angka tersebut dengan mencatat 24,5 km/l!

No caption
No credit
No caption

Jimmy dan Aldi, anggota Mobility yang memecahkan rekor baru 24,5 km/l


Padahal rute dan kondisi yang dilewati ketika itu ada macet yang cukup menghambat di jalan tol. Pemecah rekor tersebut adalah Jimmy, yang sepanjang perjalanan ditemani oleh rekannya, Aldi, menggunakan Honda Mobilio E CVT Prestige berspesifikasi standar miliknya.

Penasaran bagaimana mereka dapat mencapai konsumsi hingga 24,5 km/l tersebut? Menurut Jimmy, segala habit mengemudi jadi penting. Contoh saja mesti injak pedal gas perlahan, lalu menjaga putaran mesin di kisaran 1.200 rpm dengan range kecepatan 50-60 kpj.

Nah, kuncian juga memanfaatkan komunikasi dan jangan lupa matikan semua beban tak perlu di mesin, contohnya AC. • (otomotifnet.com)





KEMBALI MENOREH PRESTASI


Berhasil mencetak rekor tahun lalu, OTOMOTIF tentu harus ikut kembali dong. Hasilnya, efisiensi Mobilio RS bertransmisi CVT ini membaik jadi 24,4 km/l dan jadi media dengan dengan rekor terhemat. "Tingkat inklinasi trek tahun ini lebih landai, sehingga dengan torsi Mobilio yang cukup besar di awal masih mudah dilibas.

Selain itu manajemen pemilihan gerbang tol juga penting, kalau salah bisa mengurangi hingga 1 km/l," sebut Aries dari Kompas.com yang tandem dengan Billy Riestianto, Pemimpin Redaksi OTOMOTIF yang memecahkan rekor tersebut dengan kecepatan maksimum hanya pada 60 kpj dan putaran mesin mentok di 1.200 rpm.


Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa