Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Smart City Brake Support, Benarkah All New Mazda2 Bisa Ngerem Otomatis? Yuk Dicoba!

Kamis, 11 Desember 2014 | 09:16 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Sentul - Sesaat setelah puas menjajal Citydrive Ground yang disediakan, diakhir sesi lintasan, disediakan bantalan bergambar bokong mobil. Untuk apa sih? Ternyata untuk membuktikan apakah fitur City Brake Support alias rem otomatis bisa benar-benar berfungsi.

Nggak mau penasaran, otomotifnet.com langsung menjajalnya. Smart City Brake Support terdapat pada fitur i-ACTIVSENSE, fitur ini bekerja dibawah kecepatan 30 km perjam, atau kalau di Indonesia saat berjalan merayap dan ditengah kemacetan.

Jadi, dengan adanya fitur ini, maka segala objek yang sekiranya berada di depan mobil dan dianggap akan menimbulkan potensi tabrakan, maka secara otomatis sensor akan memerintahkan mobil untuk melakukan pengereman secara otomatis.

Pada percobaan pertama, ternyata mobil tetap ngeloyor dan menabrak bantalan buatan yang disediakan. Ternyata, Smart City Brake Support tidak akan bekerja kalau pengemudi menginjak pedal gas, meskipun sedikit saja.

Maka, dipercobaan kedua, tapak kaki dari pedal gas diangkat, dan membiarkan mobil merayap mendekati bantalan penghalang di depan. Benar saja, dengan jarak yang hampir menempel, mobil tiba-tiba melakukan pengereman sendiri secara otomatis! Fiuh.. hampir saja nabrak..hehe.

Tapi, kok rasanya pengeremannya terlalu pakem ya. Jadi seperti panic breaking. Bagus sih, namun kalau kondisi di Jakarta yang padat dan selalu macet, fitur seperti ini bisa mengagetkan pengemudi lain dibelakang. 

Bayangkan saja, ketika objek di depan berhasil dihindari dengan Smart City Brake Support, tapi karena terlalu pakem dan dadakan, pengemudi mobil lain dibelakang bisa kaget dan bukan nggak mungkin nyundul bokong mobil kita deh.. semoga, nggak terjadi yah! (mobil.otomotifnet.com)

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa