Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

TCS dan ESC Dinonaktifkan, BBM Isuzu MU-X Lebih Irit?

Selasa, 2 Desember 2014 | 16:05 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption
Surabaya - Fitur TCS (Traction Control System) dan ESC (Electronic Stability Control) yang memudahkan manuver di segala medan, tentu menjadi keunggulan Isuzu MU-X. SUV besutan PT Isuzu Astra Motor Indonesia ini memang dibekali teknologi layaknya mobil mewah kelas premium dan sport. 

Namun imbas dari penggunaan dua fitur ini putaran roda menjadi lebih berat karena untuk meningkatkan traksi roda. Nah, OTOMOTIF Traveling penasaran apakah jika fitur TCS dan ESC dinonaktifkan konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit? 

Kami pun mencobanya, yah hitung-hitung sebagai hiburan dalam perjalanan expedisi Gunung Ijen dan Gunung Bromo. Setelah menuntaskan etape pertama di Gunung Ijen. Kami melaju ke Gunung Bromo dengan rute Bondowoso-Jember-Lumajang-Probolinggo-Gunung Bromo. Kondisi TCS serta ECS dinonaktifkan.

Hasilnya konsumsi BBM adalah 16,7 km perliter dengan kecepatan rata-rata 60 km perjam. Kami melakukan metode eco drive dengan akselerasi dan deselerasi yang stabil. Kami pun membandingkan dengan data test yang sebelumnya mengaktifkan TCS dan ESC, yakni 16,1 km perliter. Parameter test tetap sama, yakni kecepatan rata-rata 60 km/jam dan teknik eco drive.

Dari data tersebut, maka bisa disimpulkan menonaktifkan TCS dan ESC dapat menghemat BBM. Walaupun selisihnya tak terlalu signifikan. Namun jika dikalkulasikan dalam periode long term cukup lumayan selisihnya.

Secara keseluruhan perjalanan memakan jarak tempuh 650 km. Dari total jarak tersebut konsumsi bahan bakar (average) adalah 10,7 km perliter. Hasil segitu didapat karena banyak ditemui kemacetan lalu lintas. Jika tanpa adanya kemacetan mungkin bisa 12 km perliter. Cukup irit untuk sebuah SUV yang menempuh perjalanan luar kota. (mobil.otomotifnet.com)

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa