Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Sedan Korea dengan Fitur Berlimpah

Sabtu, 15 Maret 2014 | 13:05 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption


Jakarta -  Menjajal All New Kia Optima, harus diingat kalau harga yang ditawarkan hanya Rp 499 juta (on the road Jakarta). Terbilang murah dari kompetitornya yang sudah di atas Rp 500 jutaan. Tapi, sama seperti saudara-saudaranya semisal Sorento ataupun All New Carens, All New Optima berhasil memberikan alternatif menarik untuk yang ingin mencari sedan dengan fitur berlimpah.

Lihat saja desain bodi yang penuh dengan kesan tajam, mulai dari lampu depan sampai belakang. Apalagi, kombinasi sepasang fog lamp unik dengan DRL, bikin tampilan depannya lebih atraktif. Sebagai pembeda, masing-masing fog lamp All New Optima terdiri dari 4 buah LED yang disusun mengotak di bumper.

Direktur
Masuk ke kabin, aura kemewahan khas mid sedan masih terpancar. 
No caption
No credit
No caption


Terlebih lagi, ada sebuah atap panoramic untuk penumpang belakang dan sunroof bagi penumpang depan. Kalau ingin jalan-jalan ke pantai, dijamin All New Optima bakal bikin suasana perjalanan semakin romantis.


No caption
No credit
No caption
Pindah ke bangku belakang, sangat kentara kalau All New Optima ditujukan untuk kalangan direktur yang tak ingin terganggu suasana luar. Desain pintu belakang yang meninggi, membuat OTOMOTIF terasa seperti tenggelam di kabin belakang. Cocok kalau masih harus mengerjakan tugas di laptop ataupun sekadar berbincang serius dengan kolega bisnis.

Serunya lagi, kunci kontak All New Optima cukup disimpan dalam kantong saja. Ketika kunci sudah dekat dengan mobil, cukup tekan tombol hitam mungil di hendel untuk membuka pintu. Pun begitu, tinggal memencet tombol Start kalau ingin menghidupkan atau mematikan mesin.

Alhasil, begitu tombol ditekan, mesin 4 silinder segaris Theta II berkapasitas 2.359 cc langsung menderu halus, terbilang minim suara mengganggu hingga kabin. Serunya, Kia seperti ingin memberikan adrenalin berlebih kala pedal gas diinjak lebih dalam. Gemuruh suara mesin berubah sedikit galak, rasanya seperti mesin berkonfigurasi V.

No caption
No credit
No caption

Pinggang tidak pegal

Enaknya, posisi mengemudi termasuk ergonomis dan nyaman. Karena jok sisi pengemudi sudah dilengkapi pengatur posisi elektrik, termasuk untuk mengatur lumbar support. Bikin pinggang tidak terlalu pegal kalau harus menyetir lama. Apalagi, terbantu desain dasbor yang rata dari kiri hingga kanan. Hasilnya adalah daya pandang ke seluruh arah terasa lebar dan tak terhalang apapun.

Fitur audio, walau sanggup memutar berbagai format, termasuk bisa dikoneksi dengan gadget kesayangan. Sayangnya kualitas suara yang dihasilkan masih biasa-biasa saja. Setidaknya, tombol pengatur audio ataupun menu di setir, bikin tangan enggak harus pindah-pindah saat harus menerima telepon atau menyetel cruise control.

Dijajal berkeliling Jakarta, bantingan suspensi All New Optima terbilang empuk untuk rute harian yang sering bertemu kondisi jalan rusak ataupun speed trap. Tertolong dengan setir yang enteng, tapi rasanya terlalu enteng untuk perjalanan jauh. Walau memudahkan ketika bertemu rute dalam kota yang harus sering berputar arah.

Tapi, feeling mengemudi mesti ditingkatkan lagi kalau sedang menempuh rute luar kota, terlebih dengan kecepatan tinggi. Perjalanan menuju Bogor lewat tol Jagorawi untuk survey rest area, hingga tol menuju Tangerang dan Merak, OTOMOTIF harus membiasakan diri dengan entengnya setir di kecepatan lebih tinggi. Untungnya, handling terbantu ban berukuran 18 inci. Walau tak terasa body roll berlebih, tapi bodi seperti keentengan untuk mesin yang sanggup mengeluarkan tenaga hingga 177 dk.


Bagaimanapun, All New Optima memberikan pilihan menarik untuk calon pembeli mid sedan. Cobain deh. (Mobil.Otomotifnet.com)

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa