Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

First Drive Fiat 500, Sosok Ideal Citycar Modis

Senin, 10 Maret 2014 | 10:55 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Jakarta - Fiat, salah satu merek legendaris di Indonesia, bisa dibilang lumayan berhasil comeback dengan andalan citycar Fiat 500. Mobil imut ini seolah menunjukkan, bagaimana seharusnya sosok ideal dari sebuah citycar. 

Memang, dengan banderol harga mulai dari Rp 350 juta, rasanya banyak orang berfikir banyak sebelum memutuskan untuk meminangnya. Namun, harga tersebut akan terbayar dengan semua suguhan yang diberikan Fiat 500 sebagai sebuah citycar.

Modis, ini salah satu faktor pertama yang membuat banyak orang jatuh cnta pada Fiat 500. Coba saja lihat desain klasiknya, yang tetap tak meninggalkan kesan modern. Apalagi, aplikasi sunroff setengah atap, juga pelek 16 inci yang sporty, membuat tampilannya tak usang dimakan jaman.
No caption
No credit
No caption

Begitupun ketika masuk kedalam kabinnya yang enerjik, dengan tiga warna interior. Aksen hitam, panel sewarna bodi luar, dan nuansa putih pada setir dan speedometer, membuat kabin Fiat 500 mengesankan keceriaan saat dikemudikan.

Mobil kompak ini dibekali mesin berkapasitas 1.4 liter berkonfigurasi L-4, mesin ini sanggup menghasilkan tenaga 101 dk dan torsinya 133 Nm. Ketika dikendarai, tenaga sebesar itu saat tarikan awal tidak terlalu berasa, seolah mobil ini "lemot" akselarasinya.

Namun, setelah masih putaran mesin diatas 2000 RPM, tenaga baru terasa sangat mengisi. Terus begitu sampai tak terasa, di jalan tol bisa dikebut sampai 150 km perjam. SAyang, suspensinya terlalu empuk, sehingga gejala limbung cukup terasa.
No caption
No credit
No caption

Fiat 500 juga menawarkan sesuatu yang unik pada transmisinya. Disebut Automatic Manual Transmision (AMT), sebenarnya menjadi asik, karena pengemudi diberikan pilihan untuk menggunakan transmisi hanya otomatis saja, atau semi manual, dengan memindahkan tuas perseneling atau melalui padle shift.

Namun sayang, ketika transmisi dibiarkan pada mode otomatis, perpindahan gigi yang ditawarkan terbilang lamban, sehingga jeda perpindahan giginya terasa. Makanya, lebih asik menggunakan transmisi semi manualnya. Apalagi sembari memilih mode Sport, cukup dengan menekan satu tombol pada dashboard.

Namun, urusan kesenangan dalam mengemudi, Fiat 500 lebih dari cukup. Sistem audio yang bisa singkron dengan gadget tanpa ribet, karena mengandalkan Bluetooth, yang bisa otomatis terkoneksi tanpa melakukan seting apapun terlebih dahulu.

Dengan tampangnya yang modis, fitur yang lengkap, juga mesin yang efisien, dan fitur keselamatan paling lengkap dikelasnya, rasanya Fiat 500 cukup berhasil menjadikan dirinya sebagai sosok ideal sebuah citycar yang modis.

Di Indonesia, ada dua jenis Fioat 500 yang ditawarkan. Pertama adalah Fiat 500 dengan sunroof yang dibanderol Rp 350 juta, dan kedua Fiat 500C atau Cabriolet dengan atap terbuka., dibanderol Rp 380 juta. Keduanya masih off the road. (mobil.otomotifnet.com)

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa