Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Jerman dan Korea Diadu Sama Tiga Samurai (3-Habis)

Selasa, 28 Januari 2014 | 09:09 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption


Jakarta - Dari dua tulisan sebelumnya, New Mazda CX-5 masih unggul dari keempat lawannya, New Honda CR-V, All New Kia Sorento, VW Tiguan, dan New Suzuki Grand Vitara. Tapi, dari sisi kenyamanan dan style, tampaknya Mazda harus mengakui seterunya.

Dalam tulisan terakhir ini, disajikan tiga kompartemen menyangkut, penampilan (style), fitur, dan kenyamanan.

STYLE
Tak bisa dipungkiri, selain irit, style menjadi paling depan di mata konsumen. kelima SUV belum lama di-launching, tentu persaingan poin terbilang ketat.

No caption
No credit
No caption
Pastinya, Tiguan dan All New Sorento berbagi angka sama karena keduanya paling fresh. Memang, dimensi Tiguan tak sebesar lawan-lawannya. Tapi, terbantu desain lampu utama dan tampilan belakang yang gagah.

Apalagi All New Sorento yang baru tampil dan berhasil mencuri perhatian berkat desain bodi yang macho. Dulu, mobil asal Korea ini butuh waktu lebih untuk memahami tampilannya. Tak hanya dari bodi, tapi juga desain dasbor ataupun interior. Tapi kini, tim insinyur Kia berhasil membuat All New Sorento tampil menawan.

Lalu, All New CR-V memang sudah upgrade penampilan dengan desain lampu baru, baik untuk depan ataupun belakang. Tapi, frame bodi yang sama dengan generasi sebelumnya harus mengakui kelebihan poin dari pesaingnya yang baru lahir.

Maka dari itu, All New CR-V dan New CX-5 harus berbagi poin sama di urutan kedua. New CX-5 masih memakai desain bodi KODO sebagai ciri khas Mazda yang menarik. Namun tampilannya masih sama dengan pendahulunya yang menggunakan mesin 2.000 cc. Sedikit pembeda hanya di pemanis lampu utama dan aksen di belakang.

Sayang memang dengan Grand Vitara yang punya usia paling lama. Tampilannya tak banyak berubah hingga mengantarkan posisinya di paling buncit. 


KENYAMANAN
Ingin dipakai bergaya ke kafe atau sedikit main jalan berlumpur saat weekend? Kelima high SUV ini tak hanya harus memberikan kenyamanan saat berada di jalan aspal. Juga bisa meredam guncangan di jalan jelek. Selain suspensi, ground clearance dan material jok yang digunakan turut mendukung kenyamanan mengemudi.

No caption
No credit
No caption
Walau terbilang punya bodi mungil dibanding lainnya, Tiguan sanggup memberikan kenyamanan berlebih saat melibas jalanan bergelombang, tanpa melupakan kodratnya dengan handling mumpuni di jalan aspal. Pantas kalau Tiguan berhasil mendapat poin penuh untuk penilaian ini.

Sedang posisi kedua, bersanding dua jagoan baru, New CX-5 dan All New Sorento. Mengusung sasis dengan teknologi Skyactiv, kenyamanan New CX-5 saat cruising di kecepatan tinggi sangat menyenangkan. Memang, kebalikannya jika memasuki jalan yang berbatu atau semi off-road, suspensi jadi terasa agak keras.

Karakter berbeda muncul dari All New Sorento. Suspensi justru terasa lembut untuk melibas jalan aspal maupun semi off-road. Hasilnya, SUV asal Korea ini terasa nikmat ketika harus menelusuri daerah dengan kondisi jalan berbatu, walau harus diakui, karakternya ketika high speed di jalan tol, mulai terasa sedikit limbung.

Beda lagi dengan All New CR-V yang sama-sama punya suspensi keras. Sayangnya, All New CR-V masih menyisakan gerakan rebound saat menempuh jalan berbatu.

Jadi, nanti tinggal pilih, rute mana yang bakal lebih sering dilalui. Kalau memang senang nongkrong di kafe atau mal. Silahkan ambil SUV yang punya karakter suspensi lebih keras, namun sebaliknya kalau senang touring mencari daerah wisata baru. Langsung saja ambil yang terasa lebih lembut. •


FITUR
Paling susah nih ketika harus menilai pemenang kategori fitur. Bukan apa-apa, hampir semuanya bertabur fitur terkini, walau ada yang terasa biasa saja. Kali ini, lagi-lagi New CX-5 jadi juara berkat punya segudang fitur.

Mulai dari teknologi Skyactiv yang meliputi semua aspek mobil, dari bodi, mesin sampai transmisi, bikin nilai New CX-5 unggul. Apalagi, fitur seperti i-Stop, LDWS sampai panel MID yang komplet menampilkan ragam informasi mobil keseluruhan, bikin pengemudi semakin dimudahkan. Belum lagi, AC dual zone dengan monitor yang dilengkapi kamera mundur, ditambah sistem tata suara keluaran Bose.
No caption
No credit
No caption

Tapi, Tiguan patut jadi pilihan. Utamanya berasal dari sistem safety seperti airbag sejumlah 10 unit yang tersebar di seluruh kabin. Pastinya, bikin perjalanan semakin aman, tak hanya untuk pengemudi ataupun penumpang depan, tapi juga ketiga penumpang belakang. Lagipula, masih ada fitur Auto Start/Stop kala terkena kemacetan yang berguna membuat konsumsi BBM lebih efisien. 
Sayangnya, Tiguan belum dilengkapi head unit dengan koneksi Bluetooth untuk memutar lagu dan tak ada tombol Starter alias harus memutar kunci kontak untuk menyalakan mesin.

Urutan ketiga adalah All New CR-V yang berbagi nilai dengan All New Sorento. Juga memberikan AC dual zone dengan tombol Starter untuk menghidupkan mesin. SUV andalan Honda ini masih dilengkapi tombol kontrol audio di setir dan paddle shift untuk pindah gigi transmisi.

Nah, All New Sorento tak mau kalah dong. Juga mengandalkan AC dual zone untuk kenyamanan, masih ada monitor sebagai kontrol utama audio, yang sekaligus bisa menampilkan suasana belakang saat mobil dimundurkan. Pastinya, All New Sorento memberikan suasana berbeda ketika dipakai travelling jarak jauh berkat panoramic roof yang menyenangkan.

KESIMPULAN
New Honda CR-V sebagai juara bertahan harus melepas mahkotanya. Bahkan, ketiga pendatang baru, Sorento, Tiguan, dan  CX-5  berhasil mendapat point lebih. CR-V harus puas berada di urutun keempat dengan nilai tertinggi 24 berada di bawah Mazda CX-5 (28), Kia Sorento (27) dan Tiguan (25). (Mobil.Otomotifnet.com)



Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa