Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Jerman dan Korea Diadu Sama Tiga Samurai (2)

Senin, 27 Januari 2014 | 17:04 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Jakarta - Bagaimana! Setelah disajikan performa dan konsumsi, sudah cukup puaskah. Sudah ada gambaran jika ingin memiliki salah satu dari kelima SUV, yakni All New Honda CR-V, New Mazda CX-5, VW Tiguan, All New Kia Sorento, dan New Suzuki Grand Vitara.

Jika belum, pada tulisan ini kami kasih lagi dua kompartemen, meliputi akomodasi dan harga. Silakan simak di bawah ini. 

AKOMODASI
Sebagai SUV, kelima kontestan kali ini harus bisa tampil sebagai kendaraan yang praktis bagi pemiliknya. Apalagi soal akomodasi.
No caption
No credit
No caption

Terbayang ketika mesti meeting seharian dan lanjut olahraga driving golf dengan klien. Pasti bikin bagasi SUV macho ini penuh dengan materi presentasi dan tas golf yang rata-rata punya panjang sekitar 127 cm.

No caption
No credit
No caption
Dari semuanya, All New Sorento berkapasitas 7 penumpang menjadi terluas. Begitu bangku paling belakang dilipat, produk Korea yang bagasinya berdimensi
29 x 139 x 55 cm (p x l x t) langsung melar jadi 104 cm. 

Pesaing terberatnya New CX-5 dengan dimensi 93 x 143,5 x 56 cm. Sementara All New CR-V mempunyai ukuran 96x135x54cm, sedang New Grand Vitara 73 x 126,5 x 58,5 cm. Dan terakhir ditempati oleh Tiguan. 

Dilihat dari ukuran bodi, memang tidak jauh berbeda dengan New Grand Vitara. Tetapi, Tiguan hanya memiliki dimensi bagasi 82 x 104,5 x 50 cm. Memang, Tiguan memiliki bagasi lebih tinggi dibandingkan New Grand Vitara. Tetapi,dimensi lebar dan panjang yang menjadikan Grand Vitara lebih luas.

Sayang memang, dengan panjang 126,5 cm dan 104,4 cm, New Grand Vitara ataupun Tiguan terbilang sempit ketika harus dimuati tas golf. 

HARGA
Hampir dapat dipastikan, pemilik SUV jenis ini sudah mempunyai kendaraan lain. Biasanya, ketika memilih SUV, yang dilihat pasti langsung ke sensasi berkendaranya. Maka, harga jadi kurang berperan untuk menentukan pilihannya dibanding sektor lain.

Tapi, bukan berarti bisa pasang harga seenaknya. Pastinya, sebagai pemilik yang melek teknologi plus gadget terkini. Perbandingan dengan fitur yang terkandung dengan kenyamanan yang diberikan harus senilai. Nah, OTOMOTIF hanya menilai berdasar harga yang dirilis, tanpa melihat diskon yang biasanya diberikan oleh dealer.

Berdasarkan harga terbaru, unggulan saat ini New CX-5 mau tak mau mengalah di posisi terakhir dikarenakan harganya yang paling mahal. Selisih sekitar Rp 17 juta dengan pesaing terdekat, Tiguan. Toh pembelinya diganjar beragam fitur terkini.

Urutan pertama pasti ditempati New Grand Vitara yang dilepas paling murah. Beda harga dengan kontestan terdekatnya yakni All New Sorento mencapai Rp 59 juta, hanya berdasar harga yang tercantum. Maka dari itu, All New Sorento tampil di posisi 2 berkat positioning harga yang menarik, apalagi kalau dibanding fitur yang dimilikinya.

Nah, All New CR-V jangan dilupakan sebagai jawara tahun lalu. Hanya selisih Rp 2 juta dengan Tiguan. Calon pembelinya harus pintar mengoprek beragam teknologi yang dibutuhkan, apakah sudah sesuai dengan keperluan. (Mobil.Otomotifnet.com)

MEREK  MOBIL  PENUMPANG   AIRBAGS    HARGA (JUTA) 
 NEW MAZDA CX-5   5   6   437
 ALL NEW KIA SORENTO   7   2   395
 VOLKSWAGEN TIGUAN   5   10   420
 ALL NEW HONDA CR-V   5   2   418
 NEW SUZUKI GRAND VITARA   7   2   336

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa