Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

First Drive : Ini Rasa Renault Duster Diesel Dibanderol Rp 249 Juta

Otomotifnet - Sabtu, 28 September 2013 | 11:30 WIB
First Drive : Ini Rasa Renault Duster Diesel Dibanderol Rp249 Juta
First Drive : Ini Rasa Renault Duster Diesel Dibanderol Rp249 Juta

Otomotifnet.com - Seakan mengisi celah kosong di kelas SUV kompak, Renault hadir dengan Duster. Kian menarik, karena hanya Duster yang dibekali mesin diesel dan dibanderol Rp 249 juta, tentu bisa jadi pilihan lain. OTOMOTIFNET pun jadi penasaran ingin menjajalnya dan dapat dilakukan kemarin (27/9). 

 
Terlebih selama IIMS, ada paket khusus. Konsumen menambah Rp 10 juta sudah dapat head unit Double DIN monitor dengan GPS, jok kulit dan komponen yang sewarna bodi (beberapa komponen seperti handel pintu, sebagian bumper depan dan spion berwarna hitam).
 
Lampu bisa diatur
 
Melihat dimensi Duster, memang tepat dikatakan SUV kompak. Sebab interior mobil yang akan dirakit di Tanah Air ini juga relatif kompak.
 
Maksudnya, tidak lega-lega amat. Namun, nuansa Eropa cukup terasa di dalam kabin. Paduan warna hitam dan krem di dasbor, plus ada bagian trim mengkilap di pintu dan konsol tengah membuatnya tampak mewah. 
 
Dasbor cukup padat dengan sistem audio Double DIN, kenop AC dan tombol-tombol lain seperti parking sensor dan central lock. Cukup unik melihat di bawah setir sebelah kanan, karena ada kenop lain bergambar lampu. Ternyata kenop ini bisa mengatur ketinggian sinar lampu utama secara manual. 
 
Tipe RxL yang kami coba sudah dilengkapi sepasang airbag di dasbor. Sementara di tipe standar hanya dilengkapi satu airbag di sisi pengemudi. Uniknya, di balik setir ada audio control switch yang juga terintegrasi dengan telepon yang bisa dihubungkan dengan Bluetooth. 
 
Menyetir Duster cukup menyenangkan meski hanya berputar di trek test drive IIMS yang sempit. Mesin dieselnya cukup halus. Konon, diesel ini irit sekali. Melihat spesifikasi mesinnya, dengan kapasitas 1.500 cc, turbo intercooler dan transmisi manual 5 percepatan, bisa jadi andalan pengirit bahan bakar. 
 
Meski tenaga hanya 80 dk, torsi mencapai 200 Nm, tentu nikmat rasanya. Tarikan terasa sejak 2.000 rpm saat torsi maksimum sudah tercapai. Karakter berkendara SUV kompak pun bisa berbeda dengan dapur pacu diesel ini. 
 
Nampaknya, Renault ingin menghadirkan sensasi berkendara khas Eropa. Soalnya, persis seperti kebanyakan kendaraan Eropa yang punya karakter dimensi kecil, mesin diesel dan transmisi manual. Pas! (Mobil.otomotifnet.com)
 
Data Spesikasi 
PxLxT : 4.315 x 1.822 x 1.695 mm
Wheelbase : 2.673 mm
Ground Clearance: 205 mm
Mesin : 1.5 dCi 85, 4 silinder segaris, turbo intercooler
Kapasitas : 1.461 cc
Diameter x langkah : 76.0 x 80.5 mm
Tenaga Maksimum: 85 dk/3,750 rpm 
Torsi Maksimum: 200 Nm/1,900rpm
Suplai Bahan Bakar: Direct Common-rail
Transmisi: Manual, 5 percepatan
Tangki bahan bakar: 50 liter
Rem : ABS, EBD, BA
 

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa