Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

First Drive BMW 320d, Menyicip Sedan Diesel nan Elegan

Rabu, 12 Juni 2013 | 11:09 WIB
First Drive BMW 320d, Menyicip Sedan Diesel nan Elegan
First Drive BMW 320d, Menyicip Sedan Diesel nan Elegan

First Drive BMW 320d, Menyicip Sedan Diesel nan Elegan
First Drive BMW 320d, Menyicip Sedan Diesel nan Elegan
Jakarta – Disela peluncuran resmi BMW 320d pada Jumat (10/6) pekan lalu, terdapat sesi test drive di seputaran Parkir Timur Senayan. Meski area yang ditawarkan terbilang sempit, namun cukup untuk merasakan impresi berkendaranya.

Sebab, pengujian yang dilakukan meliputi tes slalom, akselerasi, suspensi hingga pengereman. Lalu, bagaimana sensasi berkendara dengan mobil lima penumpang ini? Yuk, lanjut.

Desain, Modern dan Elegan

BMW Indonesia menawarkan 320d dengan tampilan elegan dan modern. Meski sepintas desainnya mirip dengan varian bensin, namun jika diperhatikan dengan seksama, terlihat perbedaan pada bagian rumah foglamp. Terutama pada aksen lis silvernya.

Hal ini berkat trim 320d yang hadir dalam model Modern Line. Berbeda dengan dua trim pilihan mesin bensin, yakni Sporty Line dan Luxury Line.

Masuk ke dalam kabin, nuansa eksklusif hadir dari dominasi warna Dakota Oyster dan paduan trim kayu bertekstur. Tekstur gelombang pada wood panel yang tersemat pada dashboard, center cluster dan pintu ini cukup unik. Karena tampak lebih alami ketimbang wood panel mobil lain yang licin dan mulus seperti bahan plastik.

Di sisi lain, aplikasi tersebut cukup beresiko karena belum umum digunakan pada mobil Indonesia. Selain itu, desainnya sangat subyektif yang artinya belum tentu semua orang suka dengan aksen kayu ‘hidup’ tersebut. 

First Drive BMW 320d, Menyicip Sedan Diesel nan Elegan
First Drive BMW 320d, Menyicip Sedan Diesel nan Elegan
Handling dan Kenyamanan, Kompak dan Stabil

Untuk menguji kestabilan mobil, terdapat tes slalom dengan melalui deretan kun secara zig-zag. Hasilnya, bodi 320d tetap stabil dikendalikan tanpa adanya gejala limbung yang berlebihan. Asiknya, dengan bodi berukuran kompak, feeling berkendara jadi mudah didapat. Bahkan feeling menyetirnya tak jauh berbeda dengan membawa sebuah sedan entry level berbodi kompak.

Setelah melalui deretan kun, mobil kembali dipaksa melindas beberapa polisi tidur sebagai ajang uji suspensi dan kenyamanan. Gundukan yang wajib dilalui dengan cepat tak membuat kami terguncang sangat keras. Sebaliknya, selain lembut suspensi 320d juga kedap suara. Pasalnya, tak ada bunyi saat melalui polisi tidur dengan cepat.

 
Performa, Mobil Diesel yang Asik Buat Ngebut

Ngebut dengan mesin diesel? Kali ini tak perlu ragu. Sebab mesin turbo diesel 4-silinder bervolume 2.0 liter bertenaga 184 dk yang tersemat dibaliknya dapat diandalkan saat bepergian melalui jalur bebas hambatan.

Pasalnya, dengan besaran torsi mencapai 380 Nm, akselerasi terasa enteng diraih saat putaran mesin rendah. Cukup colek sedikit pedal gasnya, maka tarikan langsung bakal terasa.

Enaknya, saat masuk di dalam kabin penumpang dijamin tak akan terganggu dengan suara dan getaran yang biasa melekat pada image mesin diesel. Karena, selain senyap 320d juga minim getaran. Persis seperti saudaranya yang bermesin bensin.

First Drive BMW 320d, Menyicip Sedan Diesel nan Elegan
First Drive BMW 320d, Menyicip Sedan Diesel nan Elegan
Fitur, Aman Imbangi Tenaga

Saat pengujian sistem rem ABS dan EBDnya, terdapat trek yang telah dibasahi. Dan setelah berakselerasi mencapai kecepatan 60 km/jam, kami diharuskan menginjak pedal  rem sekuatnya di trek basah tersebut.

Hebatnya, sistem rem yang mumpuni mampu menghentikan laju mobil tanpa membuatnya tergelincir atau mengalami gejala terseret. Sehingga meski dikendarai dalam kondisi hujan dan berkecepatan sedang, 320d tetap menunjukan sistem keselamatan yang baik.  

Kesimpulan

Dengan segala kelebihan dan kenyamanan yang ditawarkan, 320d dapat menjadi pilihan alternatif bagi anda penikmat sedan premium yang ingin tampil beda dengan mesin diesel. (mobil.otomotifnet.com)

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa