Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Audi New Q5, SUV Mewah yang Bertenaga

Senin, 3 Juni 2013 | 17:21 WIB
No caption
No credit
No caption


Jakarta – Audi New Q5 yang meluncur pekan lalu membuat kami cukup penasaran. Pasalnya, mobil yang dilego dengan harga Rp 985 juta ini, tersemat beragam fitur dan juga teknologi yang diklaim dapat membuat pengalaman berkendara yang cukup menarik.

Apa saja kelebihan yang diusung mobil yang diklaim sanggup membawa penumpang terhenyak di top speed 222 km/jam ini? Yuk, kita bedah.

Tampilan, Lebih Mewah

Melihat sekilas Audi New Q5 PI ini tidak lah begitu ketara perubahan yang dilakukan, tetapi setelah di telaah lebih dalam ternyata ada perubahan pada bonet depan yang lebih mengembung dengan tarikan garis yang lebih terlihat dari versi sebelumnya.

Grill depan khas Audi pun sedikit ada revisi untuk versi terbaru ini, adanya penambahan chrom di beberapa bagian membuat tampang sangar keluarga Q5 menjadi sedikit lebih luxury dari pendahulunya.

 Fog Lamp pun memiliki rumah baru yang lebih luxury, head lamp dari Audi New Q5 PI ditunjang dengan teknologi LED Xenon plus dilengkapi juga dengan daylight yang tersemat di dalam bumper desain trapezoidal yang baru dianut oleh Q5 tidak lupa sebagai peranti keselamatan Audi New Q5 PI juga terpasang sensor parkir.

Bergerak ke bagian buritan, dapat kita lihat desain baru logo Audi yang lebih terlihat, muffler dengan model baru yang lebih luxury, serta penggunaan lampu LED Xenon Plus yang tersemat di keseluruhan lampunya. Tidak ketinggalan kelengkapan standar untuk varian Q5 ialah roof rail dan crossbar yang tersemat di bagian atas Audi New Q5 PI ini.

Interior, Pancarkan Kenyamanan bagi Pengguna

Aura berkelas dapat kita rasakan saat memasuki mobil keluaran Audi ini, desain interior kebanyakan di sepuh chrome dan ada tambahan wooden panel menciptakan pengalaman berkendara yang berkelas.

Audi memberikan lingkar kemudi baru pada varian teranyarnya ini, steering wheel yang berbasis Q memiliki 3 spoke berbeda seperti Q5 sebelumnya yang menggunakan 4 spoke. Sistem pendingin  udara yang dipakai pun mengalami perubahan menjadi Three Zone Automatic Air Conditioning yang membuat penumpang maupun pengendara nyaman.

Sistem audio yang digunakan oleh Audi New Q5 PI ditunjang dengan Multi Media Interface (MMI) memiliki 12 loudspeakers termasuk subwoofer dan centre speaker, dan tidak ketinggalan layar 6.5 inch tertanam di tengah dashboard.

Tombol-tombol yang mengoprasikan fitur-fitur Audi New Q5 PI terletak pada lingkar kemudi dan juga konsol tengah yang di balut dengan chrom tipis dengan tampilan high-gloss black, tombol tersebut dapat mempermudah sang pengendara untuk mengoprasikan fitur yang tersedia. 

Mobil yang mengutamakan kenyamanan dan kepraktisan mempunyai pengaturan elektronik pada kursi depan sehingga memudahkan untuk mengubah posisi duduk, tidak sampai disitu jok elektrik ini juga mempunyai memori untuk menyimpan posisi duduk yang anda inginkan. Dengan wheelbase mencapai 2.807 mm maka ruang interior Audi New Q5 PI terlihat lega dan panjang.

Fitur, Bertabur Lengkap

Beragam fitur tersemat pada New Q5 untuk memudahkan pengendalian, hingga menambah kenyamanan. Diantaranya sistem power steering  yang diatur secara elektromekanikal ditambah dengan downhill assist (Hill Decent Control) yang berfungsi mengontrol laju kendaraan di jalan menurun curam, ada juga fungsi electronic stabilization control (ESC) yang dapat membantu pengendara dalam membaca kondisi jalan yang dilalui.

Fitur canggih lainnya yang dimiliki oleh Audi New Q5 PI ialah Audi Drive Select, fitur ini mengintegrasikan sistem power steering, engine management, automatic transmission, suspension, dan automatic air conditioning. Pengendara juga dapat mengaplikasikan pilihan mode mengendara seperti comfort, auto, dan dynamic. Mobil ini di klaim dapat mendaki hingga sudut kemiringan mencapai 31 derajat.


Mesin, Tetap Bertenaga

Audi New Q5 PI ini dibekali dengan mesin bensin 2.0 liter TFSI empat silinder, mesin ini adalah perpaduan dari mesin standart direct feul injection dengan turbo charger berikut dengan Audi valvelift sistemnya dengan teknologi tambahan yang di tanamkan mesin ini mampu menghemat bahan bakar hingga 15%.

Tenaga yang dapat dihasilkan oleh mesin teknologi baru dari Audi tersebut sebesar 225 hp pada putaran mesin 6250 rpm dan torsi mencapai 350 Nm pada 4500 rpm.

Dari hasil tenaga mesin tersebut pihak Audi mengklaim bahwa hanya perlu menghabiskan 7,9 liter bensin untuk jarak 100 km dalam kondisi jalan yang beragam. Sementara untuk akselerasi, Audi New Q5 PI ini mampu mencapai 100 km/h dengan waktu 7,1 detik dengan top speed 222 km/h.

Tenaga tersebut disalurkan melalui transmisi otomatis 8 Speed Tiptronoc, berbeda dari versi Q5 sebelumnya yang hanya 7 speed. Transmisi ini juga mengalami sedikit perubahan di gear ratio nya, untuk transmisi bawah dijejali dengan ratio pendek sehingga akselerasi yang dihasilkan cukup baik, sedangkan transmisi atas diberikan ratio panjang sehingga dapat mengakibatkan pengiritan konsumsi BBM. (mobil.otomotifnet.com)


Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa