Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Test Drive Toyota Etios Valco, Calon Raja Baru Citycar

Senin, 25 Maret 2013 | 12:01 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Jakarta - Toyota Astra Motor akhirnya melirik juga segmen citycar yang kini semakin panas dengan banyaknya pesaing tangguh semisal KIA Picanto, Nissan March, juga Honda Brio.

Bermodalkan citycar terbarunya, yang juga diproduksi di Indonesia, Toyota Etios Valco diharapkan Toyota sebagai senjata andalan di segmen citycar, yang punya ekspektasi tinggi, tidak sekedar meramaikan, tapi merajai segmen ini.

Benarkah Etios Valco layak menjadi nomor satu disegmen citycar yang sejauh ini dipegang Honda Brio? Ulasan test drive otomotifnet.com bisa menjadi referensi bagi anda yang sudah berniat untuk melirik citycar ini untuk dibawa pulang.


Desain Sederhana di Luar, Atraktif di Dalam
No caption
No credit
No caption

Toyota tidak macam-macam dalam merancang desain eksterior Toyota Etios Valco. Mobil ini punya desain yang sederhana, baik dari lekuk maupun garis. Mulai dari grill, bumper dan foglamp, juga desain lampu utama dan lampu belakang yang dibuat harmonis.

Namun, kesemuanya membuat Etios Valco seolah bisa memenuhi semua kebutuhan selera desain masyarakat Indonesia, yang ingin mobil bergaya elegan minimalis, atau sporty dan dinamis sekalipun, semua termuat dalam desain eksterior dari Etios Valco.

Namun, kesederhanaan tersebut terlupakan begitu masuk kedalam kabinnya yang atraktif, terutama pada penataan dashboard. Corong AC berbentuk bola spiral, dengan posisi bertingkat di tengah dashboard, serta laci bagasi yang bukaannya unik.

Posisi speedometer di tengah dashboard dan desain tachometernya yang sangat mencolok, meski sayang dengan desain tersebut, justru mengurangi visibilitas terkait informasi mengenai kecepatan dan putaran mesin mobil ini.


Fitur Lengkap untuk Menjelajahi Perkotaan
No caption
No credit
No caption
Toyota membekali Etios Valco dengan berbagai fitur yang terbilang lengkap untuk sebuah citycar, terutama soal keamanannya. Sebut saja dual airbags yang sudah menjadi standar dari Etios Valco, juga rem ABS dan EBD.

Tatanan pemanja kenyamanan kabin berupa audio juga terbilang mengasikkan, dengan audio double din, serta kualitas speaker yang cukup membuat telinga puas mendengarkan musik selama perjalanan. Apalagi untuk tipe G ada tombol audio juga di setir.

Sayangnya, penggunaan material pada kabin Etios Valco masih terlihat kurang berkelas dan beberapa bagian detail yang sedikit kurang rapih.


Performa Mesin 1.2 Liter yang Pas
No caption
No credit
No caption

Berbekal mesin dengan kode 3 NR - FE, 4 Cylinder, 16 Valve DOHC berkapasitas 1,197cc, Etios Valco bisa memproduksi tenaga mencapai 80 PS dan torsinya 10.6 kgm.

Untuk menjelajah didalam kota, performa yang dihasilkan mobil ini terbilang cukup responsif. Akselarasi pada gigi satu dan dua pun punya nafas panjang, sehingga membuat pengemudi tidak harus cepat-cepat mengganti gigi pada posisi yang lebih tinggi.

Hanya saja, untuk mengail tenaga lebih berisi, Etios Valco butuh putaran mesin yang tinggi, setidaknya dengan putaran mesin diatas 2.000 RPM, barulah tenaganya benar-benar terasa. 

Pedal kopling yang terlalu enteng juga sedikit mengganggu kenyamanan, karena terkadang mobil jadi bergetar ketika pedal gas kurang dalam diinjak saat pedal kopling dilepas.


Kabin Lega dan Posisi Duduk Nyaman

Toyota juga merancang Etios Valco agar menjadi mobil perkotaan yang nyaman. Hal ini bisa dirasakan mulai dari ruang kabin yang lega. Duduk di kursi depan maupun belakang, nuansa kabin yang lega tetap terasa.

Begitupun saat harus menjadi pengemudi, joknya yang ergonomis dan empuk, membuat otomotifnet.com merasa benar-benar nyaman dan tidak cepat merasa lelah. Kenyamanan posisi duduk ini, merupakan poin lebih tersendiri yang dirasakan.

Sayang, posisi pedal kopling dan pedal rem yang terlalu rapat, membuat kaki pada awalnya sedikit kagok dalam mengoperasikan mobil ini. Selain itu, posisi dan desain pilar A bagian kanan masih menyisakan blind spot saat hendak berbelok ke kanan.

Namun urusan handling Etios Valco terbilang gesit dan stabil, baik saat melaju dikecepatan tinggi maupun saat harus meliuk-liuk dijalan sempit yang padat. Redaman suspensinya juga cukup lembut dan tidak membuat pengemudi maupun penumpang terganggu dengan guncangan yang tidak perlu.


Harga dan Pesaing yang Ketat

Toyota menawarkan Etios Valco dalam tiga varian tipe, mulai dari tipe terendah yakni tipe J yang dijual seharga Rp 135,5 juta, kemudian tipe E yang dijual seharga Rp 149,9 juta dan terakhir varian tertinggi tipe G yang dijual seharga Rp 161,6 juta.

Dengan semua keunggulan dan harga jual tersebut, membuat Toyota Etios Valco harus berhadapan dengan KIA Picanto, Nissan March dan juga Honda Brio. Mampukah Etios Valco menjadi raja baru dikelas citycar? Kita lihat saja.

(mobil.otomotifnet.com)

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa