Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

First Impression Ford RV Holiday Rambler, Wisata dengan Suasana Rumah

billy - Selasa, 19 Februari 2013 | 09:04 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Dilihat dari luar, rasanya tumben mengangkat kendaraan ala bus ini. Yup, ala bus, dengan bodi serbakotak dan warna putih. Tapi begitu masuk kabin, baru lah terlihat jelas keistimewaannya. Deretan sofa plus dapur dan fasilitas lain layaknya sedang berada di rumah. Inilah Recreational Vehicle (RV) yang biasa digunakan untuk wisata, namun memberi kenyamanan seperti di rumah.

LEBIH AKRAB

RV atau kendaraan rekreasi memiliki fungsi sebagai kendaraan atau rumah sementara, saat melakukan perjalanan. Di luar negeri, dimanfaatkan untuk bepergian jauh atau mendatangi lokasi wisata dan juga tempat kemping. Di luar, RV sudah jadi gaya hidup dan dapat menambah keakraban keluarga.

Salah satunya Aluma-Lite 32PBS Class A buatan Holiday Rambler (HR) yang dimiliki showroom importir umum Blinkz Bliknz Motors. Panjangnya 10 meter dan lebar 2,45 meter.

No caption
No credit
No caption

Ketika pintu dibuka, tangga elektrik turun secara otomatis. Begitu masuk, pandangan langsung tertuju pada fasilitas furnitur plus permukaan lantai kayu. Ruang tamu di sisi kanan berisi deretan sofa dan sofa bentuk ‘U' dengan meja di tengah. Ruang tamu bisa digeser keluar dan masuk dengan menekan tombol ‘OUT' dan ‘IN' pada dinding kanan gang.

Eits, jangan lupa.. terlebih dahulu mengaktifkan keempat jack stand hidraulis agar RV berdiri stabil dan tidak goyang-goyang, lewat tombol di ruang pengemudi. Jack stand otomatis menyesuaikan permukaan tempat RV berhenti, bisa pula diatur manual.

Dapur mungil ada di sisi kiri. Menuju belakang, gang di tengah sebelah kiri diisi lemari es dua pintu, rak botol dan lemari pakaian. Kamar mandi mungil sudah dilengkapi shower dan toilet di sebelah kanan. Paling belakang, kamar tidur dengan kasur queen size.

Setiap jendela dipasang tirai dan kawat nyamuk, sehingga aman dari serangga ketika kemping, namun tetap ada udara masuk. Seluruh kaca depan hingga samping dapat ditutup. Kursi pengemudi dan penumpang bisa diputar ke belakang samping. Teknologi tentu tak ketinggalan. Meski jauh dari keramaian, tetap dapat menikmati siaran TV satelit lewat TV LED di ruang tamu dan kamar tidur.


Di kedua sisi bagian luar, terdapat banyak boks, untuk bagasi, tempat genset, tabung elpiji, braket listrik dan genset, pengatur jack stand dan slang shower. Boks bagasi belakang yang paling luas, dapat diakses dari kiri dan kanan.

TENAGA PENDUKUNG

Kendaraan ini dibekali 3 penampung air, sisa air cucian dan air kotor habis mandi masing-masing 121,5 liter serta kantong air bersih 192,78 liter. Jadi, enggak bakal mencemari lingkungan karena seluruh air limbah ditampung dulu dalam tangki tersendiri, itu pun terpisah antara air hitam limbah kloset dan air kotor bekas cuci tangan atau shower.

Mendukung keselamatan, tersedia alat deteksi asap dan kabon monoksida, dua kamera samping dan belakang. Fasilitas lain, usah khawatir mandi air dingin kalau kemping di gunung. Soalnya, terdapat tabung gas elpiji yang bisa diisi ulang berkapasitas 36,94 liter untuk kompor sekaligus pemanas air.

Aluma-Lite ditenagai mesin bensin Ford 6.800 cc V8, transmisi otomatis. Plus dukungan genset untuk mengaktifkan AC, lemari es dan sebagainya. Jadi, mesin enggak harus dihidupkan kalau lagi parkir, seluruh suplai listrik dipenuhi genset.

"Kendaraan ini kita datangkan dari Amerika, tetapi dikonversi di Selandia Baru untuk disesuaikan dengan di Indonesia. Untuk harga, by request," kata Ferdy Santoso, direktur Blinkz Blinkz Motors di Kepala Gading, Jakut.

Wisata bersama keluarga dengan suasana senyaman di rumah, tak lagi harus ke luar negeri. Tinggal sekarang mencari lokasi camping ground-nya di mana nih. (mobil.otomotifnet.com)

PENGALAMAN PULUHAN TAHUN

Holiday Rambler (HR) perusahaan asal Amerika yang berdiri pada 1953 ini spesialis membuat kendaraan rekreasi, pada 1961 memperkenalkan rangka bodi aluminum RV yang lebih ringan, kuat dan tahan lama. Rangka ini menjadi standar RV selama 40 tahun.

HR kemudian dijual ke Harley-Davidson pada 1986, sepuluh tahun kemudian dimiiki Monaco Coach Corporation yang sekarang berada di bawah Navistar International Corp. HR yang bermarkas di Oregon, Amerika kini jadi anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh Navistar.

Spesialis memproduksi sasis RV dan kendaraan rekreasi dengan fasilitas toilet, tempat masak dan tempat tidur. Model dan ukuran sesuai kebutuhan, dari yang sebesar bus biasa hingga menggunakan sasis truk.

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa