Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ford Focus ST 2013 vs VW Golf GTI MK VI 2012, Duel King of Hatchback

Kamis, 29 November 2012 | 16:06 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption


Amerika – Sulit menentukan siapa yang terbaik dari dua hatchback berikut ini. Yup, Ford Focus ST sang penantang dan juara bertahan VW Golf GTI memang menawarkan aura sporty, kompak tapi bertenaga sangar. Lalu, siapakah yang bakal dipilih penggila hot hatch? Mari kita ulik.

Dari luar, keduanya pun memiliki karakter yang berbeda, dimana Focus ST lebih mengedepankan desain modern dengan tampilan desain lampu depan yang menyerupai kacang dan gril dengan kisi udara besar sebagai pendingin mesin.

Pada buritan, muffler tips disematkan di tengah bumper. Sedangkan desain lampu belakang dibuat mengikuti lekuk mobil, sehingga menambah kesan aerodinamis. Hal tersebut membuat tampilan mobil Ford ini tampak sporty.

Sedangkan Golf GTI menjanjikan tampilan yang lebih sederhana tapi tetap tampil sporty dengan aplikasi bodi tiga pintu dan desain pelek nan unik. Kesan mewah hadir berkat desain lampu utama bi-xenon, grill, bumper dan garis bodi yang simpel. Disamping itu, lombinasi rear lamp bulat dan muffler tips di kedua sisi bumpernya yang membuat hatchback asal Negeri Bavaria ini tampil sangar.

 
Sebagai mobil yang menawarkan kecepatan, kedua kendaraan ini memiliki mesin yang sangar. Untuk Ford Focus ST didukung mesin EcoBoost 2.0-liter empat silinder inline yang dapat menghasilkan tenaga 252 dk dan torsi 270 pound-feet.  Kemampuannya diklaim mampu berakselerasi dari diam sampai 100 km/jam hanya 5,9 detik.

Sedangkan VW Golf GTI menganut mesin TSI turbo 2.0 liter berdaya 200 dk dan torsi 207 pound-feet. Tak kalah galak, kemampuan berakselerasi Golf GTI diakui mampu menyentuh angka 0-100 km/jam cukup 6,8 detik.

Dari sisi kabin, Golf GTI menganut desain elegan dengan dominasi kelir hitam. Serta bentuk dashboard minimalis dengan bentuk kisi AC dan central cluster Golf GTI juga terlihat simpel. Joknya tampak unik, dengan paduan kelir hitam dan bahan kotak-kotak di bagian tengah.

Sementara Focus ST tampil lebih meriah dengan aksen balap yang kental. Tampak dari aplikasi kelir hitam-kuning berbahan kulit yang membalut kabinnya. Serta aplikasi jok Recaro semi bucket yang menguatkan nuansa sporty. 

Detail fitur, VW harus mengakui kedigdayaan Ford dengan aplikasi fitur yang lebih banyak. Golf GTI masih mengandalkan fitur umum seperti headunit Bluetooth dan SiriusXM satellite radio. Sedangkan Focus sudah dilengkapi dengan berbagai fitur canggih seperti Active City Stop, Blind Spot Information System, perintah suara, dan Active Park Assist. Serta software baru, MyFord yang menunjang kemudahan berkendara lewat fitur voice command.

Kesimpulannya, Focus ST mengungguli Golf GTI dari sisi performa mesin dan fitur. Meski demikian, nama besar Golf GTI yang telah lama memiliki penggemar fanatik jadi faktor penting untuk menentukan penjualan. Tentu dengan kekalahan ini, VW tak tinggal diam dan siap merilis Golf GTI MK VII versi 2013 tahun depan. (mobil.otomotifnet.com)


Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa