Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Nissan GT-R 2013, Masukan dari Balap Ketahanan

billy - Kamis, 13 Desember 2012 | 15:04 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Boleh dibilang hampir setiap tahun Nissan GT-R mengeluarkan model baru. Baik itu mengubah tampilan atau meningkatkan tenaga, bisa pula kedua-duanya. Contohnya baru-baru ini Nissan Motor Co. meluncurkan GT-R 2013 yang rencananya mulai dijual di Jepang, 19 November nanti.

Sebenarnya supercar ini sudah diluncurkan dan dijual awal 2012 di Amerika dengan dua varian, Premium dan Black Edition. Hanya saja GT-R anyar ini versi JDM (Japanese Domestic Market) alias untuk pasar lokal Jepang. Tentunya dilakukan berbagai revisi yang membuatnya beda dengan GT-R 2013 edisi awal.

PERKUAT BODI

GT-R sudah dianggap sebagai supercar legendaris. Untuk itu segala sesuatu yang baru pada dirinya, selalu menarik perhatian. Seperti model baru ini yang mendapat fitur tambahan untuk meningkatkan performa, kenyamanan dan pengendalian, serta perubahan yang lebih besar.

GT-R 2013 mengalami penyempurnaan desain dan perangkat tambahan teknis, berdasarkan feedback yang diperoleh dari hasil balap ketahanan 24 jam Nurburgring awal tahun ini.

No caption
No credit
No caption

Modifikasi utamanya pada mesin 3.800 cc turbo ganda V6 bertenaga 550 dk, termasuk rpm lebih responsif, kekakuan struktur bodi ditingkatkan serta perubahan spek sokbreker, per dan stabilisator depan.

Hasilnya secara keseluruhan, kinerja kendaraan meningkat secara dramatis, stabilitas pada kecepatan tinggi lebih baik dan kualitas dikendarainya lebih halus.

Urusan mesin, agar lebih responsif, Nissan menggunakan perangkat injektor baru. Bahan bakar jadi lebih tepat dikontrol sehingga meningkatkan respons mesin pada putaran tengah dan akselerasi pada rpm tinggi.

Katup bypass turbo pun disetel ulang untuk mendapatkan akselerasi lebih baik pada kecepatan tinggi. Sistem pelumasannya disempurnakan guna menjaga tekanan stabil oli mesin, terutama saat dikemudikan dalam performa tinggi.

Membuat nyaman saat digeber pada sangat kecepatan tinggi, para teknisi Nissan menurunkan titik gravitasi kendaraan agar suspensi dan ban tidak mentok.


Spesifikasi sokbreker dan stabilisator depannya juga dimodifikasi. Baut cam pada suspensi depan diinstal untuk meningkatkan akurasi camber dan menjaga keselarasan setting-an.

Bodinya, meski secara kasatmata tak ada perubahan, namun telah diperkuat pada daerah dasbor dan panel instrumen. Sehingga kinerja suspensi dan kekakuan bodi meningkat.

Mobil kencang juga perlu  kenyamanan kabin. Pada Black Ediiton, kombinasi warna atraktif merah-hitam pada lingkar kemudi, memperkuat kesan sebagai mobil sport. Jok bucket Recaro sebagai opsional.

Untuk Premium Edition diperkaya dengan lapisan kulit Semiarinin, warna two-tone interiornya dibuat tambah modis. Sehingga lebih meningkatkan kualitas dalam kabin.

Sementara ini GT-R 2013 baru dijual di Jepang. Rencananya Januari tahun depan sudah bisa didapatkan di Amerika Utara dan Eropa. Berminat pesan? (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa