Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Toyota Prius C, Sporty dan Ramah Lingkungan

billy - Kamis, 18 Oktober 2012 | 06:02 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Toyota sangat konsisten memperkenalkan varian hybrid-nya di Indonesia. Setelah Toyota Prius dan Toyota Camry, lalu dihadirkan pula Toyota Prius c. Segmen yang diincar berbeda dibanding varian lainnya. Prius c lebih menyasar konsumen kaum muda yang memiliki perhatian isu ramah lingkungan. Berarti mobil harus memiliki sisi yang menarik supaya bisa menjangkau target dengan baik.

Sasaran Toyota terhadap kaum muda, ditampilkan melalui dimensi Prius c yang tergolong kecil 3.995 x 1.695 x 1.455 mm (P x L x T) dibanding mobil hybrid Toyota lain. Sama seperti Prius generasi II, namun tampil lebih sporty.

Terlihat dari bentuk grill yang trapezoidal, 4 lampu halogen proyektor, lampu kabut yang memiliki bentuk tak lazim serta ikon generasi muda lainnya.

No caption
No credit
No caption

Untuk mesin, Prius c tetap mengandalkan 1NZ-FXE berkapasitas 1.500 cc, sama seperti yang dipakai Prius generasi II. Basis mesin ini juga dipakai pada Toyota Vios.

Kabin pun tak kalah sportinya. Posisi duduk cukup nyaman. Coba genggam lingkar kemudi, sangat pas berada dalam genggaman. Uniknya, pada lingkar kemudi terdapat pengatur suhu pendingin ruangan. Masih ada juga untuk mengatur display yang full color di layar serta melakukan reset jarak tempuh.

Sementara itu, bentuk dasbor juga tak lazim. Model bertingkat dipilih Toyota untuk menampilkan hal yang berbeda. Selain itu, modelnya juga sangat kotak. Bagian depannya tegak lurus, yang tak pernah dipilih oleh pabrikan manapun untuk dijadikan desain dasbor. Unik!


Pindah ke belakang. Posisi duduk tergolong nyaman untuk di bagian kiri dan kanan. Kenyamanan tersebut karena ketika duduk, posisi ‘bahu' jok kiri dan kanan lebih tinggi, sehingga posisi duduk tak akan bergeser. Namun, saat duduk di bagian tengah, tak mendapat kenyamanan. Posisinya akan lebih tinggi dibanding penumpang di sebelahnya,lalu sangat rentan untuk bergeser.

Namun begitu, untuk tetap mengejar targetnya, motif jok dibuat atraktif dengan paduan warna yang tak terlalu mencolok.

Anak muda banget deh.  (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa