Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Test Drive Peugeot 308, Responsif Dengan Fitur Lengkap

Rabu, 3 Oktober 2012 | 13:07 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Bandung - Salah satu mobil gacoan PT Astra International-Peugeot adalah seri 308 terbaru. Hatchback ini diklaim menjanjikan performan dan kesenangan berkendara. 

Masa sih? Dari pada penasaran, yuk kita cicipi sensasi berkendara Peugeot 308 dalam perjalanan jauh. Kencan sehari menempuh rute Jakarta-Bandung via Puncak rasanya cukup memberikan gambaran kemampuannya. Setidaknya, performa mobil ini ke kecepatan tinggi, jalanan rusak ada kemacetan kota bisa dirasakan. 

Lepas dari Jakarta, jalan TOL kami pilih untuk menuju Bogor. Performa mesin 1.598 cc nya diputaran bawah sangat terasa. Hentakan torsi yang langsung galak sejak 1.000 sampai 1.500 rpm memang menjadi unggulan hatchback terbaru Peugeot ini. 

Yang pasti tidak perlu menginjak pedal gas dalam-dalam untuk membuatnya berteriak dan mencapai pada tenaga maksimalnya yang diklaim tembus 156 Hp pada 5.800 rpm. Kalau tidak puas dengan performa tuas 'D' pada transmisi Automatic Tiptonic System-nya, silahkan pindahkan ke mode Sport. Cukup tekan tombol kecil disamping tuas transmisi. 

Bedanya, akan langsung terasa. Kick down sedikit saja putaran mesin langsung dengan cepat berteriak. Responnya jadi lebih bagus, pada kondisi tertentu gigi terasa dipindahkan selalu di atas 5.000 rpm. Hal ini membuat akselerasi lebih cepat. 
No caption
No credit
No caption

Ketika pedal diinjak makin dalam, enggak terasa jarum speedometer sudah menunjukan angka 170 km/jam. Bukan topspeed yang mau dirasakan. Tapi justru stabilitas suspensinya layak diacungi jempol. Pada tikungan panjang, tidak terasa mengayun. 

Kaki-kakinya tetap kaku menjaga arah mobil sesuai kemauan sang pengendara. Diajak bermanuver pun masih tergolong mudah, pindah lajur untuk mendahului kendaraan lain bisa dilakukan tanpa over atau understeer.   

Masuk area Bogor menuju Puncak, perjalanan lebih santai. Karena macet, fitur-fitur di dalam kabin bisa dinikmati. Paling menyita perhatian adalah panoramic roof-nya. Hanya dengan menekan tombol di konsol tengah dekat rem tangan, atap seluas 4,86 meter persegi ini menjadi tembus pandang. 

Fitur lainnya seperti AC dengan dual zone automatic juga memberikan kenikmatan bagi semua penumpang. Dinginnya AC bisa diatur kanan atau kiri sesuai keinginan. AC nya juga dingin, fitur automatic-nya bisa dengan cepat menyesuaikan suhu kabin sesuai keinginan.

Fitur menarik lainnya yang jarang ada di mobil hatchback adalah arm rest di bangku belakang, selain bisa berubah jadi tatakan botol minum, juga terdapat ekstension untuk menuju bagasi. Lubang kecil layaknya sedan ini cukup berguna ketika harus mengambil barang kecil di bagasi tanpa perlu membuka pintu belakang.

Ketika melintasi kawasan gunung kapur Padalarang dengan tekstur jalanan tidak rata sangat terasa getaran kaki-kakinya. Suspensinya memang stabil di kecepatan tinggi, tapi giliran bertemu jalan rusak, tidak kenyamanannya sedikit terkoreksi. 

Tapi kekurangan ini rasanya bukan masalah ketika melihat kelengkapan safety-nya. Mulai dari ABS, EBD,EBA, ESP, seat belts dengan Force Limiting Pre-Tensioners dan airbag di 4 titik. Wajar lah kalau mobil yang build up dari Perancis ini harganya mencapai Rp 360 juta. (mobil.otomotifnet.com)

Dimension      
Overall length: 4,276 mm
Overall width: 1,815 mm
Overall height: 1,498 mm
Wheelbase: 2,608 mm
Transmission      
Gearbox: Automatic Gearbox 6 speed with Tiptronic System
Suspension      
Front: Independent Mac Pherson Type Struts And Anti-Roll Bar
Rear: Deformable U shaped cross member located by two arms and a hollow anti roll bar
Brakes      
Front: Ventilated Disc
Rear: Solid Disc
Tyres & Wheels      
Front & Rear: 225/45 R 17, Alloy
Weight      
Kerb weight: 1.402 kg
Capacities      
Fuel tank capacity: 60 ltr
Boot Volume: 420 ltr
Fuel Type: Unleaded (RON95) 

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa