Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Test Drive New Ford Ranger XLT 4x4, Naik Gunung Serasa Pakai Sedan

Selasa, 19 Juni 2012 | 12:04 WIB
Test Drive New Ford Ranger XLT 4x4, Naik Gunung Serasa Pakai Sedan
Test Drive New Ford Ranger XLT 4x4, Naik Gunung Serasa Pakai Sedan

Test Drive New Ford Ranger XLT 4x4, Naik Gunung Serasa Pakai Sedan
Test Drive New Ford Ranger XLT 4x4, Naik Gunung Serasa Pakai Sedan
Medan - Ford akhirnya menghadirkan juga jagoan jelajahnya yang sudah punya nama di tanah air, Ford Ranger. Kali ini, hadir dengan serangkaian pembaruan yang dikalim membuatnya semakin tangguh dan nyaman.
 
Saat sesi pengetesan,  otomotifnet.com menjajal New Ford Ranger Double Cabin XLT Manual 2,2 liter High Power. Menjajalnya di antara jalan setapak di hutan Sumatera Utara yaitu Sibolangit, rasanya mengajak sebuah kendaraan sedan mewah ke tengah hutan. 
 
Yup, New Ranger ini adalah sebuah embrio adventure yang dibuat khusus oleh Ford tanpa mengorbankan ekslusifitas sebuah kendaraan masa kini. Lalu bagaimana dengan performanya? Yuk kita review satu per satu berdasarkan hasil tes yang kami lakukan di Sibolangit pekan lalu.
 
Performa Mesin
 
Performa mesin dan kemampuannya menjajal medan ekstrim adalah sajian utama New Ford Ranger. Meski desainnya memperlihatkan gaya yang tidak kalah keren dari mobil-mobil penumpang, namun untuk urusan tenaga dan kemampuannya di medan ekstrim, adalah prioritas dari Ford Motor.
Test Drive New Ford Ranger XLT 4x4, Naik Gunung Serasa Pakai Sedan
Test Drive New Ford Ranger XLT 4x4, Naik Gunung Serasa Pakai Sedan
Buktinya hanya dengan menginjak pedal gas hingga jarum analog RPM meter menunjuk 1.500-2.500, tenaga mobil sudah sangat terasa. Lalu bagaimana dengan aplikasinya pada mode 4x2, 4x4 high dan 4x4 low? 
 
Jika mode penggerak diletakkan di 4x2, maka proporsional tenaga akan bergerak ke bagian belakang. Dimana anda bisa merasakan tarikan tenaga yang kuat untuk di jalan aspal.
 
Mode penggerak ini sangat cocok untuk kontur jalan perkotaan maupun daerah pegunungan dengan sudut kemiringan yang tidak terlalu ekstrim. Untuk memindahkannya ke mode penggerak 4x4 high, tinggal memutar panel mode penggerak ke arah 4x4 high meski dalam kondisi mobil tetap berjalan. 
 
Maksimal 110 km per jam, mode penggerak dari 4x2 ke 4x4 high bisa dilakukan. Namun untuk memindahkan ke 4x4 low, maka mobil harus dihentikan dan posisi tuas transmisi harus berada di netral.
Test Drive New Ford Ranger XLT 4x4, Naik Gunung Serasa Pakai Sedan
Test Drive New Ford Ranger XLT 4x4, Naik Gunung Serasa Pakai Sedan
Nah untuk mode penggerak 4x4 kami sempat mencobanya di kontur yang agak ekstrim. Dimana sudut kemiringan mencapai 50 derajat, dan permukaan terdiri dari batuan tajam dan kerikil. 
 
New Ford Ranger sama sekali tidak memiliki masalah untuk menjalaninya. Bahkan dengan kemiringan seperti itu kami mencoba mode 4x4 low menggunakan gigi 2, mobil masih bisa menanjak dengan normal.
 
Water Wading yang cukup tinggi, membuat New Ford Ranger jadi kendaraan handal yang bisa diajak untuk menyeberani aliran sungai yang cukup dalam. Maksimal kedalaman air yang bisa dilalui New Ford Ranger adalah sebesar 800 mm.
 
Irit Bahan Bakar
 
Sejatinya, mobil komersil seperti truck pick up memang dikaruniai tenaga besar tanpa mempertimbangkan konsumsi bahan bakar bagi sang pemilik. Namun di New Ford Ranger antara performa dengan konsumsi bahan bakar itu bisa bersanding. 
 
Mesin berkapasitas 2.200 liter dengan adalah kuncinya, meski kapasitas lebih kecil dari pendahulunya, namun untuk urusan tenaga New Ford Ranger sangat rakus.
Test Drive New Ford Ranger XLT 4x4, Naik Gunung Serasa Pakai Sedan
Test Drive New Ford Ranger XLT 4x4, Naik Gunung Serasa Pakai Sedan
Kami membuktikannya saat melakukan light off-road dengan konfigurasi mode penggerak 4x4 low, dan jarum odometer menunjukkan angka 9,5 liter per 100 km. 
 
Artinya mobil ini mampu melahap kurang lebih 10 hingga 10,5 km per 1 liter bbm. Ini adalah angka yang cukup fantastis, mengingat mobil komersial seperti truck pick up biasanya mengorbankan konsumsi bbm.
 
Sementara untuk mode penggerak 4x2, mampu melahap 7,5 liter per 100 km (artinya bisa melahap 13, 4 km per liter bahan bakar). Konsumsi bbm yang irit ini menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari sistem transmisi yang menawarkan 6 percepatan. Dengan konfigurasi rasio yang lebih rapat. Dengan begini, pencapaian tenaga maksimal lebih cepat tercapai.
 
Kenyamanan di Kabin
 
Salah satu hal yang paling mendapat banyak pujian dari New Ford Ranger adalah pada bagian kabinnya. Saat melakukan konvoi, kami berada pada urutan ketiga dari mobil Voorijder (pengawal dari kepolisian) dengan sirine yang melengking. Namun ketika menutup jendela dan pintu New Ford Ranger, suara sirine mobil polisi itu langsung menghilang dan kabin langsung senyap.
 
Tidak percaya dengan hal itu, kami membuka dan menutupnya lagi, tapi ternyata memang itu adalah fakta yang ada di New Ranger. Keunggulan lainnya adalah bukaan pintunya bisa mencapai 90 derajat, jadi
Test Drive New Ford Ranger XLT 4x4, Naik Gunung Serasa Pakai Sedan
Test Drive New Ford Ranger XLT 4x4, Naik Gunung Serasa Pakai Sedan
Kenyamanan kedua adanya posisi duduk. Dengan tinggi badan pengendara 160 cm, konfigurasi kursi yang memudahkan pengaturan posisi membuat jarak pandang ke depan, tidak jadi masalah. 
 
Bagi penumpang yang duduk pada bagian belakang juga tidak jadi masalah. Dimana pilar B memang terlihat lebih ke depan dan memberikan ruang gerak kaki yang lebih lega bagi penumpang di belakang.
 
Untuk urusan pemanja telinga, Ford Motor tidak ingin main-main. Untuk semua varian New Ranger yang mereka produksi, rupanya teknisi Ford membekali teknologi yang sama untuk pemanja telinga. Sehingga baik pengendara maupun penumpang bisa mendengar dengan jelas suara yang terdengar dari sistem audio di New Ford Ranger.
 
Teknologi Smart dari FORD
 
Tekad tim teknis dari Ford untuk membuat mobil pintar berbasis teknologi informasi, sepertinya memang sudah jadi pakem wajib bagi produsen mobil asal Amerika itu sejak diluncurkannya program One Ford. Tidak heran jika di New Ford Ranger juga dilengkapi dengan teknologi smart dengan voice command.
 
Proses konfigurasi bluetooth via handphone yang gampang, memungkinkan pengendara bisa melakukan panggilan telpon hanya dengan menekan tombol aktivasi voice command. Tentunya ini cukup memudahkan dimana pengendara bisa tetap fokus mengendara tanpa kehilangan konsentrasi.
 
Teknologi Safety Memenuhi Standar
 
Di era modernitas sepeti sekarang, teknologi safety adalah hal yang wajib ada pada mobil. Tidak terkecuali mobil komersial seperti truck pick up seperti New Ford Ranger. 
 
Sebagai sebuah komitmen besar, Ford Motor juga memberikan pengamanan terbaik pada line up mereka. Teknologi seperti ABS, Brake Assist, Dual Airbag, Dynamic Stability Control, EBD, Head Airbag, Side Airbag dan perangkat keamanan mengendara lainnya.
 
Pesaing
 
Di Indonesia pasar mobil truck pick up ada beberapa pabrikan. Diantaranya adalah Toyota Hi-Lux, Mitsubishi Triton, Nissan Navara, Chevrolet Colorado dan Isuzu D-Max. Namun dengan semua tawaran teknologi serta performa terbaik, New Ford Ranger memiliki keunggulan yang cukup banyak ketimbang semua mobil tersebut.
 
 
 
Spesifikasi :
 
Mesin : Diesel turbo 2,2 liter
 
Tenaga : 150 PS di 3.700 RPM
 
Transmisi : Manual
 
Sistem penggerak : 4x4
 
Body : Kabin ganda 4 pintu
 
Kapasitas BBM : 80 liter
 
Konsumsi BBM : 11,5 km per liter (kondisi on road dan off road)
 
Fitur standar : 17 Inch Alloy Wheels, Alarm System/Remote Anti Theft, Anti-lock Braking, Auto Climate Control, Brake Assist, Cruise Control, Dual Airbag Package, Dusk Sensing Headlights, Dynamic Stability Control, Electronic Brake Force Distribution, Fog Lights, Limited Slip Differential, Mobile Phone, Power Mirrors, Power Steering, Power Windows, Radio CD with 6 Speakers, Side Steps
 
(mobil.otomotifnet.com)

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa