Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

First Drive Hyundai Avante 1.6 GDI A/T 2012 From Jejou To Busan

billy - Minggu, 17 Juni 2012 | 09:47 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption
 
JAKARTA - Mengendara mobil di jalan bebas hambatan di Korea Selatan, kenapa tidak? OTOMOTIF berkesempatan mengendarai Hyundai Avante M16 GDI A/T dari kota Jejou menuju Busan, yang ditempuh dengan waktu 2,5 jam. Seperti apa sih rasa sedan yang baru diluncurkan di Busan International Motor Show, akhir Mei 2012 ini?

Pagi dengan langit cerah ketika bersama 8 awak media lain yang diundang PT Hyundai Mobil Indonesia (HMI), APM mobil Hyundai di Indonesia menuju areal Jejou Autoshow 2012. Tentu saja kesempatan menjajal performa sedan yang di beberapa negara dikenal dengan nama Elantra ini.

Satu mobil diisi 3 personil, yang secara bergantian bertugas sebagai driver. Menyaksikan ekterior sedan berkode MD ini, langsung terasa mewah dan sporti. Pun begitu saat masuk ke dalam kabinnya.

Begitu duduk di jok belakang kemudi, langsung terasa kesan mewah, sporti dan nyaman. Tinggal mengatur posisi duduk yang pas untuk memulai menjelajahi 2 kota di wilayah Korea Selatan bagian selatan itu. Begitu tuas persneling dipindah ke D, Avante meluncur dengan cepat.

Dengan transmisi 6 percepatan otomatis dan mesin 4 silinder segaris 16-valve D-CVVT 1.600 cc yang bertenaga 138 dk/6.300 rpm dan torsi 167 Nm/4.850 rpm, tak perlu menunggu lama.

No caption
No credit
No caption

Gas dibejek langsung menghasilkan entakan yang mengagetkan. Ini tentu berkat sistem GDI (Gasoline Direct Injection) yang diaplikasi Elantra M16. Membuat mobil lebih responsif pada putaran bawah.

Yang membuat lebih tenang saat perjalanan, adanya peranti safety memadai. Dual airbag, Active Head Restraints dan Rear Parking Aid System. Serta telah mengaplikasi ESS (Sudden Alarm System), rear disc brake hingga child seat anchors jika diperlukan.

Peranti yang menunjang kenyamanan juga lengkap. Sebut saja manual air conditioning, one- touch triple-turn signal, power windows, folding type wireless door lock, central door lock, electric power steering (MDPS), manual tilt steering dan instrument panel lighting control devices.

Perjalanan semakin mengasyikkan, karena audio canggih yang dilengkapi 6 speaker dengan tweeter yang bisa dioperasikan melalui remote di setir.

Tak terasa, perjalanan telah sampai kota Busan, kota kedua terbesar setelah Seoul. Perjalanan yang menyenangkan dengan sedan yang mendapatkan beberapa penghargaan tertinggi di dunia ini.

Kamsahamnida Hyundai.

Belum Ada Setir Kanan
Hyundai Avante atau Elantra memang mengundang banyak pertanyaan. Apakah mid sedan ini akan masuk ke Indonesia? Jawaban itu langsung oleh Erwin Djajadiputra, Sales & Marketing Director PT Hyundai Mobil Indonesia (HMI). “Kemungkinan besar mobil ini susah masuk pasar Indonesia. Salah satunya karena hanya diproduksi setir kiri,” jelasnya.


Selain itu, Erwin juga menegaskan kalau mesin spek Avante terlalu tinggi untuk standar emisi di Tanah Air. “Karena memakai teknologi GDI itu emisinya mencapai Euro 4 dan 5. Sedangkan di Indonesia baru standar Euro 2,” imbuhnya.

Sehingga bagi HMI, masih terlalu ‘berat’ untuk memasarkan Avante ke Indonesia, selain masalah setir kirinya itu. Lagian mobil ini memang baru diluncurkan di Korea Selatan sehingga masih harus menunggu proses produksi setir kanannya.

Untuk harga, kata Erwin berkisar 25.000 dollar Amerika atau setara Rp 230 jutaan. Artinya, jika HMI memasarkannya di Indonesia akan bertemu dengan mid sedan Jepang macam New Honda City dan New Toyota Vios.

Dari model dan fiturnya sih bisa bersaing. (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa