Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Test Drive Nissan Murano, SUV yang Parlente

billy - Senin, 23 Januari 2012 | 09:03 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Jakarta - Apa yang dibutuhkan pada sebuah SUV coba disuguhkan Nissan Motor Indonesia dengan hadirnya Murano. Nissan berusaha melebihi ekspektasi dari pecinta SUV, dengan beberapa keunggulan dari SUV seharga Rp 750 jutaan ini.

Seperti apa? Itulah yang juga membuat otomotifnet.com merasa penasaran. Tampangnya modis, juga agresif seperti Nissan Juke, mulai dari desain aerodinamisnya yang tidak biasa, penuh dengan lekuk tajam dan sudut membulat.

Dari luar saja, kita sudah bisa menduga nuansa kemewahan dari SUV premium Nissan ini. Pun begitu ketika membuka pintu dan masuk kedalam kabinnya. Unsur hitam yang elegan begitu kental, dipertegas dengan balutan kulit dan karpet lantai yang halus, membuat siapapun orang didalamnya bersepakat, Murano adalah sebuah mobil mewah.

No caption
No credit
No caption

Ketika membuka pintu dan memencet tombol Auto Start/Stop, secara otomatis setir terangkat dan jok sedikit bergeser kebelakang, seolah mempersilahkan pengemudi untuk mengendarainya.

Posisi duduknya nyaman, dengan pengaturan secara elektrik di sebelah kiri bawah jok pengemudi dan penumpang depan. Penumpang belakang pun tak perlu khawatir harus sering menekuk lutut karena ruang kabin yang lega.

Injak pedal rem dan tekan sekali lagi tombol Start/Stop, maka mesin meraum halus. Hampir tidak terdengar didalam kabin. Padahal, dibalik kap mesinnya ada sebongkah mesin VQ35DE, berkonfigurasi V6 dengan kapasitas 3.498 cc, mesin yang sama dengan Nissan Elgrand.

Sekarang giliran membejek pedal gasnya. Akselarasinya memang tergolong lembut meski bermesin bongsor. Ini berkat teknologi transmisi Xtronic CVT, sehingga minim hentakan. Tapi tenaga yang tersalur tetap berasa padat dan berisi di setiap putaran mesin.

Mobil pun meluncur, dan suara mesin serta noise dari kondisi luar benar-benar bisa diredam dengan baik oleh peredam kabinnya. Hanya sesekali terdengar raungan mesin khas V6 ketika mobil diajak berakselarasi secara spontan.


Dan ini bukan mobil yang kecil atau berdimensi kompak. Ya! Nissan Murano adalah sebuah SUV yang tergolong besar. Namun, handlingnya tidak membuat pengemudi kewalahan, apalagi setingan suspensinya seolah menyatu dengan kontur jalan, sehingga jarang terjadi benturan keras yang membuat ngilu.

Hanya saja, kalau belum biasa mengendarainya, Nissan Murano sedikit sulit ketika harus menghadapi kondisi jalan yang padat. Visibilitas penglihatan ke depan memang bagus, hanya sedikit sulit untuk melihat ke samping dan belakang yang terbilang memiliki ruang pandang yang sempit.

Namun, ketika anda sudah merasa yakin dan menyatu dengan mobil, silakan bermanuver, dan Murano akan melayani setiap gairah mengemudi anda dengan baik. Sehingga, kalimat terakhir yang anda ucapkan hanya satu kata; Puas! (mobil.otomotifnet.com)


Spesifikasi Nissan Murano 3.5L Xtronic CVT

Panjang/wheelbase          4.860 mm/2.825 mm
Lebar/tinggi                      1.885 mm/1.730 mm
Bobot                                1.885 kg
Mesin/kapasitas                V6/3.498 cc
Tenaga maksimum            256 dk/6.000 rpm
Torsi maksimum                336 Nm/4.400 rpm
Transmisi                          6 speed CVT/AWD
Harga                                Rp 750 juta


Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa