Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Test Nissan X-Trail Facelift 2.0 CVT, Handling Serba Lembut!

Billy - Selasa, 8 November 2011 | 12:04 WIB
Test Performa dan Handling Nissan X-Trail Facelift 2.0 CVT, Serba Lembut!
Test Performa dan Handling Nissan X-Trail Facelift 2.0 CVT, Serba Lembut!

Otomotifnet.com - Siapa yang tidak tau Nissan X-Trail? Disegmen SUV, mobil yang dijual PT Nissan Motor Indonesia ini cukup populer. Tapi bagaimana dengan yang tipe mesin lebih kecil 2.0 liter bertransmisi CVT? Nah, OTOMOTIFNET.com pun merasakan penasaran yang sama.

Karenanya, ada baiknya kita ulas versi terbaru New X-Trail 2.0 CVT yang diluncurkan saat IIMS 2011 bulan Juli lalu. Apa yang pertama kali paling menarik diulas? Performa mesinnya? Seperti apa rasanya? Yuk aaaah!

Nissan mempersenjatai X-Trail 2.0 CVT ini dengan mesin berkode MR20DE, berkapasitas 1.997 cc dengan konfigurasi 4 silinder DOHC, yang dikawinkan dengan transmisi CVT X-Tronic khas Nissan.

Nissan X-Trail 2.0 CVT tahun 2011
Dok. OTOMOTIF
Nissan X-Trail 2.0 CVT tahun 2011

Ketika pertama kali menginjak pedal gasnya, tenaga mesin yang mencapai 102 HP ini memang tidak segalak versi mesin 2.5 liter. Akselarasinya tergolong lambat, dan butuh putaran mesin yang lebih tinggi untuk mengajaknya berlari.

Namun, usungan transmisi dengan sistem CVT memberikan kenyamanan tersendiri, karena tidak ada gejala entakan sama sekali seperti pada model transmisi konvensional saat terjadi perpindahan gigi. Transmisi CVT tersebut membawa X-Trail meluncur mulus!

Nah, meski memang tarikannya agak berat dan seolah tidak bertenaga, namun X-Trail bermesin 2.0 liter ini bisa memberikan kenyamanan lebih bagi penggunanya. Karena minim hentakan saat berakselarasi, si maskulin ini jadi terasa lembut.

Nissan X-Trail 2.0 CVT tahun 2011
Dok. OTOMOTIF
Nissan X-Trail 2.0 CVT tahun 2011

Kesan tersebut pun diperkuat dengan setelan suspensinya yang tergolong empuk untuk sebuah SUV. Jadi, selain tidak ada entakan akselarasi, juga redaman yang terasa lembut, menambah kenyamanan tersendiri pada X-Trail ini tanpa harus merasakan gejala limbung.

Dan jangan khawatir untuk membawanya di dalam kota yang cenderung berkondisi stop and go, karena karakter akselarasi X-Trail cukup jinak kok untuk menembus kemacetan, selain itu, bodi bongsornya tidak menyusahkan di tengah kemacetan, karena visibilitas pandangan yang leluasa.

Spesifikasi Teknis New X-Trail 2.0 CVT

Tipe Mesin                  : MR20DE 4-Cyl, DOHC, CVTC & Compact Balancer Shaft
Kapasitas Mesin         : 1.997cc
Transmisi                  : CVT M-Mode
Tenaga Maksimal       : 102/5200
Torsi Maksimal          : 198/4400
Harga                       : Rp 316,5 juta

 (mobil.otomotifnet.com)

Editor : Billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa