Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Test Drive Grand New Fortuner TRD Sportivo, Lebih Responsif!

billy - Rabu, 26 Oktober 2011 | 14:02 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Jakarta - Pasar SUV tanah air terus memanas, dan Toyota Astra Motor jelas tak mau ketinggalan. Karenanya, generasi terbaru dari Fortuner diluncurkan. Dan jadi penasaran ketika mengetahui ada tawaran versi TRD Sportivo. Bagaimana rasanya?

Mengambil basis dari tipe G bermesin diesel dengan transmisi manual, laburan warna putihnya tak menghilangkan nuansa maskulin pada Fortuner. Hanya saja, dengan sentuhan bodikit Toyota Racing Development (TRD), Grand New Fortuner tampil lebih sporty daripada elegan.

Sayang, ketika masuk ke kabinnya, nuansa sporty sangat sedikit disajikan. Paling hanya terlihat dari trim, dashboard juga kemudi yang bernuansa kayu dengan warna yang lebih gelap, tidak coklat seperti versi G standar. Sementara lapisa joknya, sama sekali tidak mengesankan mobil yang sporty.

Sekarang, mesin dinyalakan. Getaran khas mesin diesel masih terasa, meski hanya sedikit. Namun, redaman kabin cukup baik, sehingga raungan mesin di dalam kabin samar-samar saja terdengar. Tinggal nyalakan audio, suara mesin sama sekali lenyap!

No caption
No credit
No caption

Masuk gigi satu, sempat berfikir juga ribetnya mengendarai mobil bongsor bertransmisi manual. Tapi ketika menginjak pedal kopling, rasanya semua anggapan tersebut sirna. Kenapa? Karena pedal koplingnya begitu empuk, sehingga tidak akan menyiksa kaki kiri meski harus menembus kemacetan.

Satu lagi yang asik ketika mulai menginjak pedal gas. Entakan akselarasi pada transmisi otomatis tidak terasa. Begitu juga dengan teriakan mesin sebelum melajukan mobil, tidak terjadi pada transmisi manual. Dan poin pentingnya, akselarasi awalnya jauh lebih responsif!

Hal itu berkat torsi yang jauh lebih melimpah dibanding versi mesin bensin. Kalau transmisi matik agak berat untuk berakselarasi, nah transmisi manual 5 speed ini lebih responsif dalam mengail torsi. Dan juga, pengoperasian tuasnya tetap ringan digerakkan untuk memindah-mindahkan gigi.

Akselarasi dan isian tenaga pada gigi satu dan dua cukup memuaskan, meski tenaganya cenderung ngempos saat masuk ke gigi tiga sampai lima. Sehingga, mobil ini cocok didalam kota yang macet, sementara untuk keluar kota, perlu sedikit usaha untuk mengajaknya berlari melintasi kawasan perbukitan.


Dan emblem TRD yang melekat pada beberapa bagian bodi pun bukan hanya untuk tampilannya saja, karena handling Grand New Fortuner TRD Sportivo ini pun lebih asik berkat aplikasi paket suspensi dari TRD.

Hasilnya? Meski berbodi bongsor, Fortuner TRD jauh lebih lincah dalam meliuk-liuk di padatnya lalu lintas. Selain itu, acungan jempol juga karena gejala limbung pada Fortuner tidak terasa, meski memang redamannya jadi sedikit lebih keras.

Namun, untuk bertarung di segmen SUV yang mulai ganas, Toyota bakal lebih percaya diri dengan generasi terbaru dari Fortuner ini, apalagi yang versi TRD Sportivo ini, yang dibanderol seharga Rp 397,4 jutaan On The Road Jakarta.

Spesifikasi Toyota Grand New Fortuner TRD:

Tipe Mesin                              : IL 16 Katup, DOHC, Common Rail Type, D4D
Kapasitas Silinder                  : 2494
Daya Maksimum                     : 102 PS
Torsi Maksimum                     : 26.5 Kgm
Sistem Penggerak Roda        : RWD
Transmisi                               : 5 Speed Manual
Suspensi Depan                    : Double Wishbone with Coil Spring & stabilizer
Suspensi Belakang                : 4 Link Lateral Rod and Coil Spring
Harga                                    : Rp 397,400,000

 (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa